Tuesday, April 11, 2017

Dinosaurus Pemangsa Jenis Theropod (Masih Keluarga T-Rex) Ditemukan Bersama 2 Dinosaurus Super Besar Lain

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 11 Apr 2017 | Pada tahun 2009 lalu sekelompok ahli purbakala dari Australia menemukan fosil dari predator purba yang terbesar sejak 25 tahun terakhir. Satu fosil dinosaurus Theropod dan 2 fosil dinosaurus Sauropod ditemukan oleh team ahli purbakala dari Queensland Museum yang dipimpin oleh arkeolog Scott Hocknull pada 10 Juli 2009 lalu.

Ketiga fosil dinosaurus ini diperkirakan sudah berusia 98 juta tahun lamanya, yaitu pada era Cretaceous. Ketiga fosil ini ditemukan di sebuah lokasi di Queensland yang disebut dengan “formasi Winton”, yaitu sebuah lokasi dimana berbagai fosil purba banyak ditemukan disana. Lokasi tersebut diperkirakan dahulu adalah sebuah danau raksasa yang sudah mengering saat ini.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Wujud Theropod mirip seperti T-Rex, ia berdiri dengan dua kaki besar dan memiliki lengan depan yang lebih kecil dengan cakar maut untuk merobek mangsanya. Ukuran fisik T-Rex berkisar antara 40-43 feet dengan ekor sepanjang 18 feet, sedangkan Theropod berkisar antara 30-35 feet,  dengan ekor sepanjang 12 feet.

Para ahli purbakala memberikan nama dari dinosaurus Theropod ini dengan nama ”Banjo”, dan 2 ekor Sauropod yang berukuran lebih besar ini dengan nama ”Clancy” dan ”Mathilda”. Nama-nama imut ini tentunya berbeda dengan penampilan seram ketiga reptil purba ini. Theropod adalah dinosaurus yang  gaya berburunya mirip seperti Velociraptor.

Pembaca yang menonton film Jurrasic Park tentu ingat bahwa meski bertubuh lebih kecil dari T-Rex namun predator ini mampu mengalahkan T-Rex dalam serangan berkelompok. Sedangkan Sauropod adalah dinosaurus herbivora berleher panjang, yang lebih lamban namun berukuran lebih besar dibandingkan T-Rex, namun lebih suka mencari makan diwilayah yang dekat dengan perairan.

Sauropod adalah mangsa empuk bagi para predator karena lamban dalam bergerak, sehingga mudah untuk dilumpuhkan oleh predator seperti T-Rex, Theropod atau Velociraptor. Sauropod memiliki tubuh mirip seperti kudanil, namun berleher sangat panjang ini, berjalan dengan empat kaki besarnya yang seperti pilar raksasa. Tubuh Sauropod juga dilengkapi dengan ekor raksasa yang dapat mengibas kuat untuk menghalau para predator yang coba memangsanya.


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Dinosaurus Pemangsa Jenis Theropod (Masih Keluarga T-Rex) Ditemukan Bersama 2 Dinosaurus Super Besar Lain ”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...