Monday, April 24, 2017

Demi Keselamatan Anda, Berhati-hati Sebelum Mencabut Gigi!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 24 Apr 2017 | Berdasarkan kedalaman lapisannya gigi dapat dibagi menjadi 3 lapisan, yaitu: 1. Email, 2. Dentin, 3. Pulpa. Bagian terluar adalah email dan bila bagian ini mengalami kerusakan maka perbaikannya lebih mudah dibandingkan perbaikan di lapisan yang lebih dalam.

Lapisan email yang merupakan lapisan terluar adalah lapisan yang paling keras pada gigi. Lapisan keras dari email ini yang melindungi gigi dari bahan-bahan kimia yang merusak gigi, termasuk menangkan masuknya kuman dan bakteri kedalam gigi. Lapisan yang lebih dalam lagi yaitu dentin lebih lunak dibandingkan dengan email, merupakan lapisan paling tebal pada gigi dan lapisan yang membentuk gigi.
www.AstroDigi.com
Bila lapisan email yang keras sampai rusak, dan tidak ada perawatan yang memadai sampai lapisan email diperbaiki, maka lapisan dentin akan terkikis dan bentuk gigi akan menjadi terpotong oleh bagian yang rusak. Dibagian dalam lapisan dentin terdapat pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf gigi.

Kerusakan gigi yang menembus pulpa akan menimbulkan rasa nyeri pada penderita gigi rusak. Bila kuman dan bakteri memasuki ruang pembuluh darah dan syaraf gigi, maka dapat terjadi pembusukan. Penderita gigi rusak yang mengalami pembusukan pada bagian pulpa ini akan mengalami rasa nyeri dan kadangkala disertai dengan pembengkakan pada gusi.

Biasanya gigi yang sudah rusak parah dan mengalami pembusukan akan dicabut untuk menghentikan rasa sakit pada penderita gigi rusak. Pencabutan gigi juga mengamankan organ tubuh vital bagi penderita gigi rusak, karena bakteri dari gigi busuk bisa terbawa berssama peredaran darah ke organ tubuh vital seperti jantung atau ginjal dan organ-organ lainnya.

Namun ada hal perlu diperhatikan adalah pencabutan gigi harus melalui prosedur medis yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa penderita ada yang memiliki kesulitan dalam pemulihan usai pencabutan gigi, penderita diabetes, dan hipertensi misalnya akan mengalami proses pendarahan yang lama apabila tidak dilakukan prosedur pencabutan gigi yang benar.

Demikian juga dengan pasiena yang baru saya menjalani operasi besar, seperti operasi bedah otak, operasi jantung, atau sedang menjalani terapi besar seperti kanker atau cuci darah, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada para dokter ahli untuk penyakit masing-masing sebelum melakukan pencabutan gigi.

Tidak semua dokter gigi mempunyai perhatian kepada latar belakan pasien, itulah sebabnya pasien yang harus sedikit lebih berhati-hati demi untuk menjaga kesehatannya sendiri, khususnya untuk mereka yang mempunyai riwayat penyakit ataupun perawatan seperti yang disebutkan diatas tadi.

Demikianlah artikel singkat untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

Pengobatan Asam Urat Dengan Cara Tradisional
Asam urat adalah salah satu jenis penyakit tidak bisa Anda biarkan begitu saja, apabila Anda sudah terdiagnosis mengalami penyakit asam urat sebaikna untuk segera melakukan pengobatan baik secara medis atau non medis yang lebih alami dibandingkan dengan menggunakan pengobatan dengan mengkonsumsi obat yang terbuat dari bahan kimia karena tidak menutup kemungkinan kandungan kimia tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya.

QnC Jelly Gamat said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...