Sunday, April 9, 2017

Cara Menyisipkan Kode/Instruksi HTML Pada Blogspot

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 9 Apr 2017 | Bagi para pembaca yang pernah mencoba untuk membuat artikel yang mengandung kode/instruksi HTML, maka pada saat mencoba untuk posting artikel yang bersangkutan pasti akan mendapati bahwa kode HTML tersebut hilang sebagian atau seluruhnya, atau berubah sebagian besar, sehingga tidak sesuai dengan aslinya.

Saya mengatakan demikian karena pada saat saya mencoba melakukan posting untuk artikel saya kemarin yang berjudul:  ”Dasar-dasar Pemahaman Mengenai HTML”, yang didalamnya terkandung kode HTML ternyata pada saat posting hilang tanpa bekas, namun pada saat saya melihat artikel dalam mode HTML View, saya masih melihat bahwa kode yang saya sisipkan tersebut masih ada, namun sudah berubah.

Syukurlah tidak lama kemudian saya mendapati solusinya dan artikelpun bisa saya posting dengan kode HTML yang tetap tampil sesuai aslinya. Nah .. bagi pembaca yang menghadapi masalah yang sama dengan yang saya hadapi, berikut ini saya bagikan solusi untuk mengatasinya.

Solusi 1:
Lakukan ”replace” untuk seluruh karakter < (tanda kurung buka berbentuk siku, atau tanda matematik untuk menyatakan lebih kecil) dengan: &lt;
Lakukan ”replace” untuk seluruh karakter > (tanda kurung tutup berbentuk siku, atau tanda matematik untuk menyatakan lebih besar) dengan: &gt;

Bila anda menggunakan MS Word atau Notepad bawaan Windows, “replace” dapat dilakukan dengan gampang, cukup dengan menekan tombol Ctrl + H.
Setelah penggantian sudah dilakukan maka artikel yang mengandung kode HTML tersebut dapat diposting seperti biasa, dan kode-kode HTML akan tampil di blog seperti seharusnya.


Solusi 2:
Perhatikan bahwa disisi bagian kanan agak kebawah pada halaman penulisan posting terdapat fasilitas Post Setting, dan salah satu menu pilihannya adalah: OPTION. Klik pada menu Option tersebut dan klik radiobutton Show HTML Literally, lanjutkan dengan klik tombol Done.

Silakan pilih salah satu dari kedua solusi diatas, kemudian lakukan posting seperti biasa, halaman HTML akan tampil seperti yang dikendaki oleh usernya.
Selamat mencoba .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Cara Menyisipkan Kode/Instruksi HTML Pada Blogspot”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...