Sunday, April 23, 2017

11 Langkah Untuk Menghapus File Mengandung Virus Secara Paksa

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 23 Apr 2017 | Saat ini sudah merupakan hal yang umum bila sebuah komputer dilengkapi dengan aplikasi antivirus. Sejak diketemukannya program virus yang dapat merusak program, merusak kinerja komputer dan bahkan mencuri data pengguna, aplikasi antivirus merupakan komponen yang tidak terpisahkan dalam kumpulan aplikasi yang di-instal di hampir setiap komputer.

Hanya saja dalam perlombaan antara pembuat virus dan pembuat antivirus, sang pembuat virus senantiasa selangkah didepan. Hal ini dikarenakan membuat aplikasi perusak memang lebih mudah daripada membuat aplikasi untuk memperbaiki. Dan tidak ada sangsi apapun bila sebuah aplikasi virus tidak berfungsi sebagaimana mustinya, sebaliknya akan ada sangsi apabila sebuah aplikasi antivirus gagal berfungsi, terutama apabila aplikasi tersebut adalah aplikasi berbayar.

Karena aplikasi antivirus senantiasa tertinggal dibandingkan virusnya, maka seringkali, aplikasi AV (antivirus) hanya mampu menemukan file yang bervirus namun saat upaya pembersihan atau upaya penghapusan file dilakukan aplikasi menjadi “hang” (macet). Untuk itulah diperlukan upaya penghapusan file secara manual.

Berikut ini adalah cara penghapusan “paksa” sebuah file bervirus secara manual.
1. Login dengan menggunakan account level Administrator
2. Putuskan koneksi internet, apabila anda menggunakan Windows 8 keatas cukup dengan mengaktifkan “Flight Mode”, yang bisa diaktifkan dengan meng-klik tombol bergambar pesawat terbang.
3. Masuk kedalam folder dimana file berada dan temukan file yang ingin dihapus.
4. Klik kanan pada file, sorot dan pilih Properties, lanjutkan dengan pilih tab Security, lanjutkan dengan memilih Administrator (atau salah satu account dengan level administrator yang terdaftar di OS Windows).
5. Lanjutkan dengan klik tombol Advanced
6. Pada bagian atas window yang tampil terdapat Name dan Owner, klik tulisan “change” pada Owner
7. Gantilah Owner (pemilik) dari file yang bersangkutan dengan Administrator
8. Kembali ke window sebelumnya yang menampilkan Group or User Names dan Permission, klik tombol Edit untuk merubah Permission.
9. Ubah Permission menjadi Full Control dengan mencontreng check-box Full Control, lanjutkan dengan klik OK
10. Kembali ke window dimana file berada, sorot pada file. Tekan tombol Shift dan tekan tombol Delete.
11. Ada pertanyaan untuk meyakinkan bahwa user benar-benar berniat menghapus file yang bersangkutan, dan klik tombol Yes, maka file akan terhapus selamanya.

Memang sedikit panjang langkah-langkah untuk menghapus file yang secara system dalam keadaan terproteksi, itulah sebabnya aplikasi Antivirus gagal dalam menghapusnya dan memerlukan bantuan untuk menghapus file tersebut secara manual.

Demikianlah sharing saya untuk hari ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “11 Langkah Untuk Menghapus File Mengandung Virus Secara Paksa”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...