Sunday, October 9, 2016

Cara Pakai Team Viewer, Aplikasi Yang Jadi Pembicaraan Akibat Mencuatnya Kasus Videotron

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 9 Okt 2016 | Publik Jakarta bahkan belakangan sampai ke belahan dunia lain dalam sepekan belakangan ini ramai membicarakan mengenai tayangan vulgar yang tampil disebuah videotron (layar digital mirip monitor berukuran raksasa) di wulayah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada 30 September lalu.

Tuisan ini bukan untuk menuliskan mengenai video memalukan yang sempat tertayang disitu, dan juga bukan membahas tentang metode pelaku berinisial SAR yang sudah tertangkap polisi, namun saya akan mengulas mengenai cara pemanfaatan aplikasi Team Viewer yang dapat digunakan untuk melakukan kontrol komputer dari jarak jauh via jaringan internet.

Apakah Team Viewer itu?
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Team Viewer adalah aplikasi remote desktop, yang artinya dibuat untuk dapat menampilkan dan juga sekaligus mengontrol komputer dari jarak jauh. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis dari website resmi Team Viewer yang beralamatkan di: https://downloadap1.teamviewer.com/download/version_8x/TeamViewer_Setup.exe

Setelah menjalankan file induk yang telah didownload tadi untuk menginstal aplikasi maka selanjutnya tinggal melakukan setting sederhana untuk dapat melakukan koneksi untuk kontrol secara remote (jarak jauh).

Setelah instalasi lengkap, akan terdapat icon Team Viewer di halaman desktop, klik dobel untuk menjalankan aplikasi. Pada pembukaan awal aplikasi ini akan menawarkan user untuk mengisikan alamat email, dan ini bisa diabaikan, dengan meng-klik tombol NEXT.

Aplikasi harus diinstal setiap komputer yang akan di-remote. Dan aplikasi dijalankan (running) disetiap komputer yang akan saling berhubungan baik komputer yang mengontrol maupun komputer yang dikontrol. Aplikasi Team Viewer akan menampilkan sebuah window yang terbagi antara wilayah "Allow Remote Control" dan wilayah "Control Remote"

Komputer yang akan dikontrol harus memberikan ID dan passwordnya (ada dibagian "Allow Remote Control") kepada komputer pengontrol. Dan komputer pengontrol harus mengisikan ID tersebut di kolom partner ID diwilayah "Control Remote" dan dilanjutkan dengan mengisikan passwordnya.
Untuk menyederhakan pembahasan saya sebut saja:
1. Komputer pengontrol sebagai komputer A
2. Komputer yang dikontrol sebagai komputer B

Bila langkah sederhana diatas dilakukan dengan benar maka, pada layar komputer A akan tampil desktop dari komputer yang dikontrol. Dan pada layar komputer B tampilan window akan menciut dan menepi ke kanan bawah. Dan menampilkan nama komputer A dan juga ID komputer A di kolom Session List

HP Android juga dapat digunakan sebagai pengganti komputer A, untuk menampilkan layar komputer B. Aplikasi Team Viewer dapat didownload dan diinstal via Google Play Store dengan kata kunci "Team Viewer".
Sayangnya aplikasi belum dapat menampilkan layar HP Android sebagai komputer B (yang ditampikan dan dikontrol oleh komputer lain).

Team Viewer juga menyediakan versi portable, dimana user tidak perlu repot-repot melakukan instalasi pada komputernya. Aplikasi ini dapat dijalankan tanpa diinstal, sehingga memungkinkan user untuk menyimpan aplikasi di USB falshdisk dan menjalankan dari sana tanpa meninggalkan jejak dikomputer yang saling terhubung.

Sebagai catatan tambahan link yang saya tampilkan diatas adalah untuk melakukan download versi 8, sedangkan saat ini Team Viewer telah merilis versi 11. Mengapa??
Karena pada komputer saya yang dilengkapi dengan antivirus AVG, menganggap file induk (setup file) Team Viewer versi 11 sebagai virus dan saya tidak mau melakukan pengabaian (ignoring) terhadap file tersebut.

User yang ingin men-download Team Versi 11 bisa meng-klik link berikut ini: https://downloadap1.teamviewer.com/download/TeamViewer_Setup_id-qut.exe

Mengingat sedemikian mudahnya komputer-komputer terhubung secara remote, maka hendaknya para user berhati-hati agar ID dan password tidak sampai jatuh ketangan pihak yang tidak dikehendaki. Sehingga penyalahgunaan komputer secara remote, seperti dalam kasus videotron di Jakarta Selatan, tidak terulang kembali.

Akhir kata, semoga artikel ini berguna bagi para pembaca, selamat mencoba dan selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Cara Pakai Team Viewer, Aplikasi Yang Jadi Pembicaraan Akibat Mencuatnya Kasus Videotron”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...