Tuesday, October 4, 2016

Begini Cara Melakukan Backup Aplikasi Pada Android

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 4 Okt 2016 | Sehari sebelum ini saya menuliskan artikel yang isinya menunjukkan resiko atau efek samping dari update aplikasi. Dan didalamnya terdapat juga anjuran untuk melakukan backup aplikasi. Karena pada artikel tersebut tata cara untuk melakukan backup aplikasi tidak dibahas secara lebih detail maka pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tata caranya.

Ada banyak cara untuk melakukan backup aplikasi, namun disini tentu hanya saya bahas salah satu yang termudah dan juga cara yang paling akrab dengan kebiasaan saya dalam mengelola data pada Android. Disini saya menggunakan aplikasi ES Explorer, sebuah aplikasi file manajer yang dapat anda download via Google Play Store dengan kata kunci pencarian: ES Explorer.

Setelah aplikasi ES Explorer terinstal pada HP, maka jalankan aplikasi tersebut. Klik tombol menu yang berada di pojok kiri atas dan pilih dan klik Homepage. Pada homepage ES Explorer klik icon APP (berada di posisi kanan atas), untuk menampilkan seluruh aplikasi yang telah terinstal pada HP. Klik aplikasi untuk memilih. Aplikasi yang sudah dipilih akan ditandai dengan checkbox yang sudah ter-contreng disamping icon aplikasi yang bersangkutan.

Selesai memilih aplikasi untuk di-backup, lanjutkan dengan meng-klik menu "backup" dibagian bawah window ES Explorer. Bila langkah anda benar maka pada memori internal dari HP, pada folder "backups" yang berada pada memori internal, akan terdapat file-file .APK yang merupakan file induk (setup file) untuk aplikasi yang sudah anda pilih untuk di-backup tadi. Dengan demikian anda dapat melakukan instalasi secara offline dengan meng-klik file .APK tersebut lewat ES Explorer, atau lewat aplikasi file manager yang biasanya sudah merupakan bundel dari HP.

File .APK tersebut sangat berguna untuk:
  1. Melakukan instalasi aplikasi dengan versi yang "bukan" terbaru. Play Store biasanya hanya menyediakan file yang terbaru saja, sehingga user tidak bisa mendapatkan versi yang sebelumnya lewat Google Play Store.
  2. Membagi file .APK dengan user lainnya
  3. Menyimpan file induk aplikasi (.APK), pada SDCard atau media lainnya, seperti misalnya Hard Disk Drive pada komputer (tentunya harus ditransfer file tersebut dari HP ke komputer).
  4. Melakukan instalasi secara offline. Selain cara ini lebih cepat, praktis, juga membuat proses instalasi menjadi lebih cepat dibandingkan menginstal aplikasi secara online.

Demikian tips dan tutorial singkat mengenai cara melakukan backup aplikasi. Selamat mencoba, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Begini Cara Melakukan Backup Aplikasi Pada Android”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...