Monday, August 29, 2016

Pastikan Tekanan Darah Anda Sudah Berada Dibawah 120/80 mmHG Untuk Kesehatan Prima Anda!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 29 Ags 2016 | Tekanan darah yang normal sangat diperlukan oleh setiap individu agar metabolisme tubuh senantiasa berfungsi optimal dan tubuh seantiasa sehat.

Sayangnya kebanyakan orang menganggap sepele urusan tekanan darah dari tubuhnya sendiri. Padahal tekanan darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat memicu berbagai jenis penyakit.

Padahal dengan naiknya tekanan darah, jantung menjadi bekerja lebih berat. Makin beratnya kinerja jantung tentu saja membuat jantung menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Entah klep jantung yang rusak (bocor), pembuluh jantung yang pecah, dan gejala penyakit jantung lainnya.

Tekanan darah tinggi juga merupakan indikator dari adanya penyakit lain yang memicu naiknya tekanan darah. Kolesterol (LDL) yang tinggi, penyumbatan syaraf, kandungan gula darah terlampau tinggi, dan aneka gangguan metabolisme tubuh lainnya.

Itulah sebabnya, saat pemeriksaan pada pasien, para dokter biasanya memulai dengan mengukur terlebih dahulu tekanan darah dari pasien yang bersangkutan.

Tekanan darah normal seharusnya adalah 120/80 mmHG. Artinya tekanan sistolik (tekanan tertinggi, saat jantung memompa darah dari bilik jantung ke arteri) adalah 120 mmHG, sedangkan tekanan diastolik (saat jantung sedang mengendur saat masuknya darah ke bilik jantung) adalah 80 mmHG.

Sebagai toleransi anda bisa menambahkan 10 angka (keatas atau kebawah) untuk mendapatkan batas nilai tertinggi dan terrendah, dari tekanan darah yang masih masuk dalam batas normal.

Berapapun usia anda, apabila anda ingin mempertahankan kualitas kesehatan anda pada tingkat yang prima. Abaikan saja pendapat yang menyatakan bahwa pada usia lanjut tekanan darah sampai 20 atau 30 angka diatas nilai normal adalah wajar.
Pertahankan saja tekanan darah anda pada nilai normal tersebut (120/80 mmHG). Pada saat terdeteksi tekanan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dalam periode yang cukup lama (misalnya hingga lebih dari 2 minggu), maka sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter, untuk melihat adakah masalah pada kesehatan anda.

Dan bila tidak terlalu memberatkan bagi anda, sebaiknya anda memiliki sendiri alat ukur tekanan darah, agar anda bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah bagi diri anda sendiri kapanpun anda inginkan, secara berkala.

Mari kita senantiasa hidup secara sehat .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Pastikan Tekanan Darah Anda Sudah Berada Dibawah 120/80 mmHG Untuk Kesehatan Prima Anda!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...