Tuesday, August 30, 2016

Janicki Omniprocessor, Mesin Pengolah Kotoran Manusia Menjadi Air Minum

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 30 Ags 2016 | Salah satu limbah organik non sampah yang berlimpah adalah kotoran manusia. Limbah ini meski tampaknya sepele namun juga dapat mecemari lingkungan. Air tanah bisa tercemar oleh bakteri dari limbah kotoran manusia yang terserap kedalam tanah dan menjangkau sumber air tanah.

Ada berbagai ide yang pernah dikemukakan oleh para ilmuwan untuk memanfaatkan limbah kotoran manusia ini, namun mungkin belum ada ide yang seekstrim penemuan mesin Omniprocessor.
www.AstroDigi.com
Mesin ini diciptakan untuk mengolah limbah kotoran manusia menjadi air layak minum. Tidak tanggung-tanggung proyek ini didanai oleh bos Microsoft, Bill Gates., lewat yayasan sosial yang didirikannya yaitu Gates Foundation.

Sebuah lembaga riset di Amerika yang bernama Janicki Bio Energy, dalam beberapa bulan belakangan ini berkutat dalam riset pengolahan limbah kotoran manusia untuk diubah menjadi air bersih yang layak minum.

Rencananya mesin ini akan disumbangkan bagi negara miskin yang mengalami masalah kesulitan air bersih. Negara seperti India misalnya, memiliki banyak wilayah miskin dengan tingkat kesulitan yang tinggi untuk mendapatkan air bersih.

Dalam pengolahan tersebut kotoran manusia dipanaskan hingga mencapai temperatur 1000 derajat celcius. dan kemudian juga melalui beberapa proses penyaringan sebelum akhirnya keluar sebagai air bersih yang layak minum.

Meski terkesan agak menggelikan namun dalam sebuah video yang ditayangkan di website resmi Bill Gates, yaitu: https://www.gatesnotes.com, Bill Gates bahkan bersedia meminum air dari hasil pengolahan Ingenius tersebut.

Entah kapan mesin seperti ini akan diproduksi secara masal dan juga entah kapan mesin seperti ini dapat diterima oleh masyarakat, mengingat image kotoran manusia tentu masih melekat kuat dibenak siapapun yang nantinya menjadi konsumen dari mesin tersebut.

Mesin yang saat ini masih berupa prototype rencananya nantinya versi sesungguhnya akan mampu mengubah kotoran dari 100.000 manusia menjadi 86.000 liter air perharinya. Dan versi perdananya akan diuji coba di Dakar, Senegal.

Artikel selengkapnya mengenai mesin ini dapat anda baca pada link: https://www.gatesnotes.com/Development/Omniprocessor-From-Poop-to-Potable.

Dimana pada paragraf awal anda akan temukan penggalan kalimat: " A few minutes later I took a long taste of the end result: a glass of delicious drinking water", ada kata yang membuat saya tersenyum sendiri: delicious drinking water, yang berarti air minum yang nikmat ( barangkali segar maksudnya), yang merupakan output dari mesin pengolah tersebut. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba kesegaran air dari olahan kotoran manusia tersebut?

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Janicki Omniprocessor, Mesin Pengolah Kotoran Manusia Menjadi Air Minum”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...