Monday, November 30, 2015

Sopan Santun Adalah Hal Kecil Yang Membuat Perbedaan Besar

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Senin, 30 Nov 2015 | Mendiang Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill mengatakan: "Attitude is a little thing, that makes big difference".
Yang artinya: "Sopan santun adalah hal kecil, yang membuat perbedaan besar".

Jadi meski kelihatannya sepele saja, seringkali masalah besar menjadi mudah diselesaikan hanya karena seseorang yang mempunyai masalah tersebut adalah seseorang yang mempunyai sopan santun baik, dan tutur kata yang menyenangkan.

Sebaliknya .. seseorang bisa saja kesulitan menyelesaikan masalah sepele, hanya karena kekurangannya dalam tata krama dan sopan santun.

Dalam kehidupan seringkali seseorang menghadapi masalah yang seharusnya sepele, namun dengan upaya penyelesaian yang benar-benar sampai menyita emosi, dana, waktu dan tenaga.

Dalam keseharian pun saya seringkali menemukan hal yang serupa, ada beberapa rekan maupun keluarga yang tampak sangat kerepotan dalam menyelesaikan masalah sepele. Dan penyebab utama dari meningkatnya tingkat kesulitan adalah .. "sopan santun". Dan hal yang membuat sopan santun sangat sulit untuk mereka miliki adalah sifat ”sombong” yang kuat dalam karakter mereka.

Dalam perjalanan hidup anda tentu ada saat dimana anda bertemu dengan seseorang yang rendah level sopan santunnya, apa yang kemudian anda rasakan bila berhadapan dengan orang semacam itu?

Ya, anda akan merasa:
1. Muak (uncomfortable)
2. Benci
3. Sakit hati
4. Bosan
Atau perasaan negatif lain yang sejenis.

Hal yang sama juga dirasakan oleh orang lain yang berhadapan dengan anda apabila anda tidak memiliki sopan santun yang baik.

Tanpa sopan santun yang baik orang tidak akan menyukai anda, dan efek negatifnya akan langsung anda rasakan apabila kehidupan anda menurun, akan ada upaya pembalasan dari mereka yang dulu merasa anda persulit, atau mereka bisa saja membalas dengan menagih janji yang pernah anda lontarkan ditengah kesombongan anda dimasa lalu.

Sangat mudah bagi seseorang untuk melihat kesalahan orang lain, namun biasanya sulit untuk mengetahui kesalahan diri sendiri.
Dan akan lebih parah bagi seseorang yang sombong, saat seseorang memberitahukan kesalahannya, ia lebih memilih memusuhi orang tersebut daripada memperbaiki dirinya.

Memperbaiki sopan santun sangat untuk mereka yang rendah hati dan mau belajar, tapi menjadi sangat sulit bagi mereka yang masih memelihara sifat sombong.
Berikut ini tips untuk membuat anda lebih rendah hati dan membuat anda lebih memiliki sopan santun:

Menyapa teman, saudara atau bahkan bila perlu orang lain, terlebih dahulu
Murah dalam berbagi senyum, ingat senyum itu gratis mengapa harus anda bikin mahal?
Lakukan hal-hal sepele dihadapan orang lain yang anda anggap bawahan anda, seperti mengelap mobil, mengelap motor, membersihkan lantai, membersihkan meja, dan lain sebagainya.
Belajar mengikuti komunikasi orang lain, jangan memotong pembicaraan, jangan meninggalkan orang atau kelompok saat mereka sedang berusaha menyampaikan sesuatu kepada anda.
Belajar untuk berterimakasih kepada setiap orang yang membantu anda
Perbanyaklah menolong orang, terutama orang-orang yang memang sudah banyak menolong anda dan budi mereka belum terbalaskan oleh anda.

Beberapa langkah diatas bila anda lakukan secara teratur maka anda akan menjadi lebih rendah hati dan biasanya sopan santun anda akan mengikuti perilaku baik anda.
Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...