Sunday, November 22, 2015

Peluang Dalam Setiap Masalah

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 22 Nov 2015 | Dalam sebuah kesempatan Winston S. Churchill pernah menyampaikan kalimat bijak yang bunyinya: "A pessimist sees the difficulty in every opportunity, an optimist sees the opportunity in every difficulty" . Yang artinya adalah seorang pesimis melihat masalah dalam setiap peluang, seorang optimis melihat peluang dalam setiap masalah.

Dalam dunia bisnis kalimat bijak tersebut memang terbukti. Sebuah bisnis hadir karena adanya pihak yang ingin masalahnya selesai, dan bertemu dengah pihak yang mampu menyelesaikan masalah.

Berarti .. tanpa adanya masalah tentu tidak ada bisnis. Bisnis penjahit ada karena ada orang butuh baju, bisnis mobil ada karena ada orang butuh transportasi, demikian seterusnya.

Dalam keseharian, setiap manusia akan selalu berhadapan dengan masalah, berarti sebenarnya setiap manusia akan selalu berhadapan dengan peluang bisnis.

Lihat saja, pada saat menunggu lift untuk naik ke lantai dimana tempat kerja berada orang seringkali harus menunggu bermenit-menit untuk mendapat ruang di lift. Dari situ kemudian hadir bisnis iklan melalui TV yang ditempel di tembok dekat pintu lift.

TV menyediakan hiburan, yang diselingi sesekali dengan iklan. Sehingga kejenuhan karena menunggu teralihkan oleh TV.

Eksekutif kantor seringkali mempunyai masalah untuk mencari lokasi netral untuk berbincang bisnis dengan rekan bisnisnya. Dari situlah kemudian bisnis cafe, coffe house, dan sejenisnya tumbuh.

Yang diperlukan dari setiap orang untuk mampu menciptakan bisnis dari masalah yang ada adalah INOVASI/ KREATIFITAS. Mereka yang inovatif/ kreatif adalah kelompok yang optimis, yang mampu mengubah masalah menjadi bisnis.

Jadi .. daripada anda mengeluh pada setiap masalah yang anda hadapi, mengapa tidak mencoba bersikap optimis dengan memutar otak mencari peluang bisnis apa yang bisa dibuat dari situ. Setuju?!

Sejak bangun tidur dipagi hari hingga menjelang tidur dimalam hari, bisa jadi anda akan menemukan belasan hingga puluhan masalah, dari masalah sederhana hingga masalah besar.

Seperti: malas berolahraga, jalanan macet, sulit menemukan sarapan pagi, halaman kotor karena dedaunan pohon, internet lambat, susah cari parkir, lupa janji temu, butuh tukang antar barang, mau ke klinik untuk berobat tapi tidak kunjung sempat, dan berbagai masalah lainnya.

Itu baru masalah anda, bagaimana dengan masalah orang lain? Keluarga, teman, kolega, dan lainnya pasti juga punya masalah.
Jadi, apa yang anda khawatirkan lagi, sebenarnya peluang bisnis, tersaji setiap hari secara reguler didepan mata anda, make your day .. be creative! Have a nice day :-)
 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...