Sunday, November 1, 2015

Dave Mullins, Penyelam Dengan Kemampuan Tahan Nafas Paling Hebat

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 1 Nov 2015 | Olahraga "Free Diving" mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang diluar komunitas diving (olahraga menyelam), karena memang meski sudah mempunyai komunitas khusus bahkan sudah diadakan juga ajang lomba tingkat dunia untuk free diving, namun publikasi untuk cabang olahraga ini memang tidak segencar cabang olahraga lainnya.

Dalam cabang olahraga menyelam jenis ini, seorang free diver (atlet dari cabang free diving) dituntut untuk mampu masuk kedasar laut sedalam yang ia mampu, semakin dalam ia mampu masuk kedalam air maka semakin baiklah prestasi free divingnya. Konsekuensi dari menyelam sampai kedalaman tersebut tentu cukup berat. Dikedalaman ratusan meter, seorang free diver harus menanggung tekanan air yang cukup tinggi, belum lagi free diver juga harus menahan nafas sampai bermenit-menit lamanya agar nafasnya cukup untuk mencapai kedalaman yang ia targetkan.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Bagi seorang free diver kelas dunia, menahan nafas selama 3-4 menit setelah sebuah tarikan nafas adalah hal yang sudah biasa bagi mereka. Dibawah tekanan air yang tinggi menahan nafas diatas 1 menit saja sudah luar biasa beratnya.
Salah satu free diver yang paling menonjol prestasinya adalah Dave Mullins, pria asal Selandia Baru ini, hingga tahun 2010 saja sudah mampu memecahkan rekor free diver sampai 5 kali.

Pada 21 September 2007 Dave memcahkan rekor dunia baru dengan menyelam sampai kedalaman 226 meter dalam waktu 03 menit dan 38 detik. Rekor sebelumnya 225 meter dipegang oleh Stig Severinsen.
Kesuksesan tersebut berlanjut di tahun yang sama, pada 23 September 2007 Dave memecahkan rekornya sendiri dengan menyelam 18 meter lebih dalam, dan membuat rekor dunia baru menyelam sedalam 244 meter dalam waktu 04 menit dan 02 detik.

Pada bulan Agustus 2008 Dave menyamai rekor dunia yang sebelumnya ia pegang sampai September 2010 bersama-sama dengan Tom Sietas dari Jerman yang keduanya mampu menyelam sampai kedalaman 213 meter.

Kemudian, pada hari Senin 27 September 2010, Mullins kembali memecahkan rekor untuk penyelaman sedalam 218 meter dengan tarikan napas tunggal.
Dave memegang rekor untuk menahan nafas lama setelah sekali tarikan napas tunggal dan kemudian menyelam hingga kedalaman 218 meter. Penyelaman  ini memakan waktu 4 menit dan 11 detik.

Sesungguhnya Dave juga memegang rekor nasional Selandia Baru dalam bidang penyelaman tarikan napas tunggal ini.  Saat di Selanda Baru ia bahkan pernah mencapai kedalaman hingga 232 meter (pencapaian terbaik, meskipun sayangnya tidak terdaftar sebagai rekor dunia).

Pada tanggal 10 September 2008 saat kejuaraan Freediving Dunia, Dave sekali lagi memecahkan rekor dunianya sendiri dan mencatat waktu yang baru dikedalaman 248 meter. Meski kemudian sempat dikalahkan oleh Alexey Molchanov dari Rusia, yang memegang rekor untuk kedalaman 250 meter. Namun segera dibalas telak oleh Mullins dengan melampaui rekor tersebut dengan menyelam sampai kedalaman 265 meter sambil menahan napas selama 04 menit dan 01 detik pada 25 September 2010. Benar-benar luarbiasa!!

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...