Tuesday, September 15, 2015

8 Hal Positif Yang Patut Ditiru Dari Bangsa Jepang

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 15 Sep 2015 | Saat ini saya berada di Jepang, negeri yang disebut sebagai negeri matahari terbit, karena berada diwilayah timur benua Asia, dimana matahari terbit dan bersinar lebih dulu dari negara di wilayah barat, dan juga disebut sebagai negeri bunga sakura (bunga khas negeri Jepang) untuk menyatakan keindahan dari negeri tersebut.

Berada di negara yang lebih maju dari Indonesia dari berbagai bidang memberikan banyak pelajaran yang berharga bagi diri saya, pertanyaan yang sering mampir dibenak saya adalah: "mengapa bangsa Jepang bisa lebih maju dari bangsa Indonesia?", sebagian besar sudah saya temukan jawabannya dengan datang langsung kemari.

Berikut ini adalah 8 hal positif yang patut kita tiru dari orang-orang Jepang:

1. Disiplin Tinggi

Bangsa Jepang mempunyai disiplin yang sangat luar biasa, "jam karet" benar-benar bukan budaya mereka. Demikian juga pengaturan kerja mereka juga sangatlah ketat, pengawasan mereka terhadap time frame yang sudah mereka buat saat perencanaan kerja juga ketat.

Saya mendatangi 6 perusahaan dalam kunjungan saya ke Jepang, dan kesamaan dari semua perusahaan itu adalah mereka sangat "anti lembur". Buat mereka lembur berarti adalah kegagalan dalam perencanaan kerja. Hanya karena lembur selama 2,5 jam saja, hari esoknya langsung digelar meeting untuk membahas segala masalah yang terkait dengan lembur tersebut .. luar biasa ini sih :-)

Sebagai bentuk lain dari disiplin, masyarakat Jepang sangat patuh pada peraturan dan tidak mempunyai keinginan untuk melanggarnya. Saat mereka harus mengemudi, sedikitpun mereka tidak akan mau meminum minuman beralkohol, meski tidak sampai memabukkan mereka benar-benar menghindarinya.

Pegawai yang dihukum push up, bernyanyi didepan umum, atau menirukan gerakan aneh sebagai bentuk hukuman sudah merupakan hal yang biasa bagi pegawai yang terlambat datang kekantor, terlambat datang meeting, atau terlambat untuk acara lainnya, kecuali force majeur (bencana) tentunya.


2. Luar Biasa Bersih

Dalam soal menjaga kebersihan masyarakat Jepang pantas mendapat dua acungan jempol (bahkan kalau perlu 4 jempol sekaligus), karena standar kebersihan mereka yang luar biasa, selain lingkungan mereka sangat bersih, kesadaran akan pentingnya kebersihan sudah sangat merata. Orang Jepang, baik yang tua, yang muda, bahkan yang masih kanak-kanakpun sudah punya kesadaran yang tinggi akan kebersihan.

Dalam perjalanan ke kantor saja saya melihat teman sekantor saya yang seorang pemilik perusahaan dengan jabatan tinggi (PresKom) mendadak memungut secara refleks saja sebuah botol plastik yang kebetulan tergeletak dijalanan untuk dibuang ke tempat sampah. Ini adalah hal yang sederhana tapi akan jadi pemandangan langka di Indonesia.

Disebuah resto tradisional yang dikelola oleh keluarga nelayan, saya melihat seember besar ikan yang diletakkan tidak jauh dari pintu ditempat masuknya tamu. Anehnya saya tidak mencium bau amis menyengat meski ember besar tersebut penuh ikan dan dibiarkan terbuka begitu saja. Seorang teman sekerja mengatakan, minimnya bau amis tersebut dikarenakan perairan mereka bersih, dan semua ikan sudah dicuci bersih juga sebelum ditaruh diember.


3. Terbiasa Bergerak Dan Berjalan Cepat

Orang-orang Jepang suka menempuh jarak 1-3Km dengan berjalan kaki, dan secara umum jalan mereka cepat. Bahkan dalam video yang saya ambil secara acak saja di jalanan menuju ke kantor, terlihat pemandangan dimana semua orang berjalan dengan cepat. Bahkan orang tua dan anak-anak pun berjalan dengan cepat.

Anak kecil harus berlari kecil mengikuti kecepatan jalan orang tua mereka, sedangkan mereka yang tidak mampu mengikuti kecepatan jalan orang tuanya biasanya digendong atau dibawa dengan menggunakan kereta dorong. Pemandangan orang bergandengan dan berjalan lambat hanya ada di taman atau di pertokoan saja (karena mereka memang sedang melihat-lihat etalase toko).

Meski terlihat sepele tetapi kebiasaan berjalan secara cepat ini akan memacu kebiasaan untuk melakukan hal-hal yang lain secara cepat juga. Pemandangan dimana orang dalam pakaian kerja harus berlari kecil agar tidak terlambat sampai ditujuan juga banyak terlihat di Jepang.

Di Jepang bila orang melewati tangga berjalan (eskalator) maka ia harus berdiri menepi disebelah kiri apabila hanya diam berdiri saja di eskalator. Ruang di kanan harus dibiarkan kosong terbuka, dipersiapkan untuk orang-orang yang berjalan dalam menaiki/ menuruni eskalator. Artinya ada semacam perlakuan dan apresiasi khusus untuk mereka yang berjalan lebih cepat.


4. Konsumsi Makanan Dan Minuman Sehat

Orang Jepang terkenal suka sekali mengkonsumsi ikan ketimbang daging ternak. Nutrisi yang tinggi serta kandungan lemak jenuh yang rendah pada ikan, membuat ikan merupakan pilihan menu yang lebih sehat ketimbang daging ternak. Orang Jepang juga menyukai beras serta sayuran organik sebagai menu harian mereka.


5. Banyak Aktifitas Fisik

Orang Jepang juga adalah individu yang aktif, jarang orang Jepang yang memiliki pembantu dirumahnya meski untuk mereka yang sudah berpenghasilan besar sekalipun. Orang Jepang lebih suka mengerjakan detail pekerjaan rumah mereka sendiri, seperti menyiram kebun, mencuci perkakas, membersihkan rumah, dan lain sebagainya.

Secara umum pada usia produktif orang Jepang memiliki postur tubuh yang langsing, karena meski untuk mereka yang jarang berolahragapun, aktifitas harian yang mereka lakukan mulai dari menyelesaikan pekerjaan rumah, berjalan, dan ditambah lagi dengan konsumsi makanan sehat plus pola makan yang sehat pula membuat tubuh orang Jepang cenderung ideal.


6. Efektif Dan Efisien

Orang-orang Jepang mempunyai cara pandang yang sangat berbeda dalam menyikapi GENGSI, di Jepang, sudah biasa seorang pegawai kantoran dengan jabatan tinggi datang ke kantor dengan mengendarai kendaraan umum, mengendarai kereta api, bahkan mengendarai sepeda. Mereka lebih mengutamakan segi efektifitas dan efisiensi dari tindakan yang mereka lakukan, sehingga gengsi bukan lagi menjadi pertimbangan utama.

Sebagai contoh, saya sempat menghadiri meeting di perusahaan raksasa di Jepang (nama tidak saya sebutkan disini, perusahaan ini adalah salah satu perusahaan otomotif ternama yang produknya juga tinggi populasinya di Indonesia), dan dalam meeting tersebut hadir orang-orang penting dengan jabatan tinggi. Tidak terbayangkan oleh saya petinggi perusahaan hadir dengan menggunakan kendaraan umum untuk menghadiri meeting.

Dan meski beberapa petinggi hadir dengan menggunakan kendaraan umum, kualitas meeting dan deal mengenai project yang bernilai miliaran ini tidak terusik oleh "gengsi". Kalau hal ini terjadi di Indonesia, pasti akan muncul pemikiran: "bicara project miliaran, tapi datang saja pakai kendaraan umum, apa mungkin bisa menangani project sebesar ini? .. ".

Peristiwa diatas merupakan salah satu contoh betapa masyarakat di Jepang lebih mengutamakan efektifitas dan efisiensi dibandingkan melakukan tindakan yang berlawanan ataupun kontraproduktif dengan efektifitas maupun efisiensi. Bravo ..!


7. Memanfaatkan Teknologi

Jepang adalah salah satu negara yang masyarakatnya begitu senang memanfaatkan perkembangan teknologi. Kalau untuk urusan HP (handphone) sih mungkin masih mirip dengan masyarakat perkotaan di kota-kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan kota besar lainnya.

Begitu ada waktu luang entah saat menunggu kereta, menunggu makanan datang saat memesan makanan di resto, atau waktu luang apapun, biasanya mereka langsung ”bermain” dengan HP smarphone mereka. Namun kegemaran masyarakat Jepang pada teknologi bukan hanya pada HP.

Box penjualan barang otomatis banyak bertebaran diseluruh kota. Kalau di Indonesia biasanya box semacam itu hanya untuk menjual minuman, jadi dengan memasukkan koin atau uang kertas, kemudian minuman yang dipilih keluar, maka kalau di Jepang pemanfaatan layanan penjualan otomatis ini diberlakukan pada berbagai jenis barang lain juga seperti: mainan, rokok, makanan, buku, alat tulis, souvenir, dan lain sebagainya.

Setelah teknologi transmisi matic ditemukan, maka otomatis penjualan segala kendaraan yang masih bertransmisi manual langsung merosot sangat tajam. Ini sangat berbeda dengan di negara kita, meski produk kendaraan matic sudah populer tapi tetap saja masih banyak anggota masyarakat yang dengan senang hati bersusah payah memakai kendaraan dengan transmisi manual.

Perlengkapan parkir, tiket kereta, pendaftaran SIM, pengurusan dokumen, juga sudah menggunakan teknologi canggih dalam penanganannya. Saat naik mobil saja saya melihat semua mobil yang saya tumpangi, sopirnya selalu memanfaatkan GPS untuk mencari lokasi yang lebih lancar, dan juga sekaligus melaporkan rute perjalanannya ke orang-orang terdekat yang sudah didaftarkan di-GPS mereka.
Pokoknya ”tekno” banget deh orang-orang Jepang ini.


8. Penuh Dengan Rambu (Sign)

Ini lagi salah satu keunikan bangsa Jepang .. RAMBU! Kemanapun saya melihat rasanya seolah-olah disitu selalu ada rambu baik berupa plang, stiker, tulisan yang langsung dicetak pada object, atau apapun lah baik bergambar atau hanya tulisan saja yang intinya tetap saja .. RAMBU.

Masuk ke toilet ada tulisan yang kalau diterjemahkan seperti ini: ”siram toilet setelah pakai” atau ”ujung tissue harap dilipat dan dirapihkan kembali” atau ”jaga jangan sampai lantai menjadi basah” atau ”laporkan pada pemilik tempat ini apabila toilet kotor” dan lain sebagainya lah.

Dengan memanfaatkan Google Translator saya tidak perlu kuatir nyasar. Kalau sedang ada di mall, kemana arah toilet, kemana arah ke taman, kemana arah klinik darurat, dan lain sebagainya ada secara lengkap, dengan petunjuk berupa panah yang berurut dari tempat yang masih jauh sampai ke ketempat yang kita akan tuju.

Saking gemarnya pada rambu, pada wilayah yang bukan tempat umum pun mereka pasang rambu. Saat masuk rumah saya melihat ada rambu ditempel dipintu untuk keluar rumah yang isinya adalah daftar barang yang tidak boleh tertinggal, seperti: dompet, HP, arloji, kacamata, payung, jas, dan lain sebagainya. Sebelum buka pintu untuk keluar mereka akan baca rambu tersebut dan memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Dibawahnya masih ada lagi rambu lain yang isinya peringatan, seperti: ”jangan lupa mematikan lampu” dan ”pastikan kompor sudah dipadamkan” dan ”pastikan keran air sudah ditutup” dan lain sebagainya.

Masuk kedalam mobil saya melihat lagi rambu lain, seperti: ”pasang seat belt” dan ”pastikan kaca sudah rapat saat meninggalkan mobil” dan ”tegakkan kembali sandaran kursi sebelum meninggalkan mobil” dan ”jangan ada barang yang tertinggal sebelum meninggalkan mobil” dan lain sebagainya.

Saat saya menyetel TV siaran lokal Jepang, berbagai tulisan memenuhi pinggiran layar .. wadhuh .. untuk urusan beginipun ada rambu-rambu lagi yang mereka pasang. Jadi tidak perlu heran tampilan siaran TV Jepang terlihat jelek dan norak karena berbagai tulisan dipinggiran atas, bawah, kanan dan kirinya.

Masuk kedalam kereta api, ada rambu dalam bentuk stiker di kaca yang melarang menempelkan tangan disitu, pemberitahuan pintu mana yang akan terbuka, berapa menit lagi estimasi menuju tujuan tertentu, dan lain sebagainya. Bagian dalam gerbong kereta api penuh dengan rambu dan iklan berupa gambar dan tulisan.

Saya memberikan istilah sendiri kepada teman-teman saya bahwa Jepang ini adalah negeri dengan sejuta rambu. Namun meski terkesan lebay (berlebihan) ada baiknya kita contoh pemasangan rambu ini untuk hal-hal yang tentunya perlu untuk diingatkan meski tentu tidak perlu harus sebanyak rambu-rambu di Jepang. Yang penting cocok untuk tujuan sebagai pengingat dan penjaga ketertiban saja.
---------------------------------------------------------

Demikian sekelumit share dari saya semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan memberikan motivasi dan kemajuan bagi kehidupan kerja maupun keluarga .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “8 Hal Positif Yang Patut Ditiru Dari Bangsa Jepang”

エアジョーダン10 シカゴ
エアジョーダン11 復刻 日本
エアジョーダン11 lowエアジョーダン10 シカゴ
エアジョーダン11 復刻 日本
エアジョーダン11 low
ナイキエアジョーダン11エアジョーダン11 ガンマブルー
エアジョーダン11 復刻
エアジョーダン11 オリジナル
エアジョーダン11 コンコルド
エアジョーダン11レトロ
エアジョーダン11 通販
エアジョーダン11 レディースjordan 11 low
jordan 11 retro low
AIR jordan 11
jordan 11 コンコルド
jordan 11 REDナイキ マジスタ オンダ
ナイキ マジスタ ジュニア
ナイキ マジスタ スパイクnb ml574
ニューバランス 574 ネイビー
ニューバランス574 レディース
ニューバランス 576ukエアジョーダン10 シカゴ
エアジョーダン11 復刻 日本
エアジョーダン11 lowエアジョーダン10 シカゴ
エアジョーダン11 復刻 日本
エアジョーダン11 low
ナイキエアジョーダン11エアジョーダン11 ガンマブルー
エアジョーダン11 復刻
エアジョーダン11 オリジナル
エアジョーダン11 コンコルド
エアジョーダン11レトロ
エアジョーダン11 通販
エアジョーダン11 レディースjordan 11 low
jordan 11 retro low
AIR jordan 11
jordan 11 コンコルド
jordan 11 REDナイキ マジスタ オンダ
ナイキ マジスタ ジュニア
ナイキ マジスタ スパイクnb ml574
ニューバランス 574 ネイビー
ニューバランス574 レディース
ニューバランス 576uk
She teamed her over-the-knee boots with a very short grey jersey dress, giving off more than a mere glimpse of her toned thighs.

mary said...
on 

black friday deals
discount oakley sunglasses
oakley sunglasses wholesale
designer handbags,handbags outlet,cheap handbags,purses and handbags,wholesale handbags,designer bags,bags outlet,handbags wholesale,cheap purses,discount handbags,handbags sale,wholesale purses,handbags and purses,designer purses
mont blanc pens
swarovski outlet
camisetas futbol baratas
mulberry uk
valentino outlet
michael kors online outlet
fitflops sale
cheap wedding dresses
mlb jerseys
giuseppe zanotti outlet
converse shoes
soccer jerseys wholesale
tiffany and co
ferragamo outlet
true religion jeans
oakley sunglasses wholesale
mm1203

mmjiaxin said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...