Wednesday, July 10, 2013

Memahami 3 Jenis Memori Pada Smartphone

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 10 Jul 2013 | Selain prosesor, memori pada smartphone adalah komponen yang sangat menentukan untuk keseluruhan performa dari smartphone tersebut. Sayang sekali masih banyak user yang belum paham peranan memori pada smartphone. Artikel berikut akan menjelaskan fungsi dan peranan memori dengan penjelasan yang gamblang dari sisi awam.

Ada 3 jenis memori yang biasanya ada pada smartphone, yaitu: Memori Internal (Internal ROM),  Memori External (External ROM), dan memori RAM. ROM (Read Only Memory) adalah memori yang berfungsi untuk menampung aplikasi dan file. RAM (Random Access Memory) adalah memori yang berfungsi untuk membantu prosesor dalam bekerja.



Pada smarphone tipe low-end kadangkala tidak ada Internal ROM, sehingga smartphone hanya bisa menyimpan aplikasi setelah External ROM dipasangkan. Secara awam biasanya External ROM tersebut disebut dengan nama komponen yang dipasangkan yaitu SDCard.

Pada smartphone tipe medium-end dan high-end biasanya sudah terdapat Internal ROM, jadi tanpa pemasangan SDCard (External ROM) pun user sudah dapat menginstal aplikasi kedalam smartphone-nya.

ROM dan RAM

Makin besar kapasitas ROM maka akan makin banyak aplikasi dan file yang dapat disimpan didalamnya. Smartphone yang dilengkapi ROM berkapasitas besar tentu membuat makin banyak aplikasi dan file yang dapat ditampung.

Kemudian apa fungsi RAM? Berbeda dengan ROM, RAM bukan diperuntukkan menyimpan aplikasi, namun membantu prosesor dalam melangsungkan eksekusi.
Secara awam dapat dikatakan bahwa prosesor tidak dapat melakukan pembacaan data langsung ke ROM.

Itulah sebabnya ukuran RAM tidak sebesar ROM. Saat bekerja prosesor memindahkan data yang diperlukan ke RAM, data yang berada pada RAM inilah yang dapat dibaca dan dimanipulasi secara langsung olah prosesor.

Jadi seandainya saja terdapat aplikasi sebesar 1GB (1000MB) di ROM, dan pada saat itu tersedia ruang kosong di RAM 100MB, maka untuk membaca aplikasi tersebut prosesor harus mengangkut data dari ROM sebanyak 10x, untuk dapat membaca keseluruhan aplikasi.
Nah . . . bila ruang kosong di RAM sebesar 250MB, maka untuk membaca keseluruhan data sebesar 1GB dari ROM, prosesor hanya perlu “menyuruh” RAM untuk melakukan pengambilan sebanyak 4x saja.

Makin sedikit usaha pengambilan data dari ROM ke prosesor dengan perantaraan RAM tadi maka jelas makin sedikit juga waktu yang diperlukan untuk mengeksekusi sebuah aplikasi. Jadi dengan kata lain, semakin besar ukuran RAM, maka akan semakin cepat kinerja smartphone-nya.
Fungsi lain dari RAM adalah sebagai ruang penyimpanan hasil olah data sementara saat eksekusi program dilakukan. Contoh yang sederhana saja misalnya prosesor mengambil data berupa angka 2 dan 3, kemudian sesuai perintah misalnya prosesor harus melakukan operasi penjumlahan, nah . . . 2+3=5 dilakukan oleh prosesor, hasil penjumlahan (5) tadi akan disimpan di RAM
Demikian juga untuk eksekusi jenis lain, data hasil eksekusi akan diletakkan di RAM, sampai ada perintah untuk memindahkan data dari RAM ke ROM.

Smartphone low-end biasanya dilengkapi RAM berukuran 256MB, smartphone medium-end biasanya dilengkapi dengan RAM 512MB, smartphone high-end basanya dilengkapi RAM 1GB keatas. Maka jangan heran kalau smartphone high-end mempunyai kinerja yang lebih baik, karena selain dilengkapi dengan prosesor yang lebih cepat, biasanya RAM-nya juga berukuran besar.

Demikian penjelasan singkat dan meskipun masih bersifat teknis, saya telah coba untuk menjelaskannya dalam kalimat yang bisa dimengerti secara awam.
Akhir kata, semoga informasi ini bermanfaat . . . have a nice day :)
 
www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

7 comments to “Memahami 3 Jenis Memori Pada Smartphone”

terima kasih

Anonymous said...
on 

Thank you beb :*

Anonymous said...
on 

Membantu

Ega T.F said...
on 

Thx infonya

Anonymous said...
on 

gitu toh ternyata.. pantesan bapak saya cari hp yang RAM nya gede biar gak lemot

Vendi said...
on 

Yes, termakasih. Jafi sedikit faham :)

Anonymous said...
on 

Thank sharringnya, sangat membantu untuk menambah wawasan

djok hard said...
on 

Post a Comment