Tuesday, November 24, 2009

Tasmania Tiger, Masihkah Ada?


gambar diambil dari: http://retrieverman.files.wordpress.com

Salah satu tokoh kartun dari Looney Toon adalah Tasmanian Devil, yang digambarkan liar dan bisa bergerak bagai angin puyuh, binatang sebenarnya adalah jenis marsupial mirip serigala atau dingo yang juga banyak di Australia, namun memang sifatnya lebih liar dan buas.

Ada satu lagi binatang yang masih satu keluarga dengan Tasmanian Devil yaitu Thylacine atau Tasmania Tiger (harimau Tasmania), yang diperkirakan telah punah beberapa ratus tahun yang lalu, namun beberapa foto-foto kuno memperlihatkan bahwa Thylacine masih ada diawal-awal masa revolusi industri (1900an).

Namun sejak tahun 2000 silam beberapa pemburu atau juga warga sekitar hutan di Tasmania sempat melihat Thylacine, meski hanya sekelebatan sebelum lari menuju semak-semak. Aktivis perlindungan hewan di Tasmania berharap bahwa binatang yang sangat langka ini masih eksis dan dapat diselamatkan.

Thylacine adalah binatang yang telah eksis sejak 3000 tahun lalu, sehingga tergolong hewan purba. Binatang ini mempunyai bentuk yang aneh apabila dibandingkan dengan hewan-hewan yang ada saat ini, karena separuh bagian tubuhnya mirip serigala atau dingo, sedangkan bagian belakangnya masih berbentuk serigala juga namun memiliki loreng-loreng mirip seperti harimau.

Diperkirakan perambahan penduduk ke habitat mereka dan juga perburuan besar-besaran atas binatang yang merupakan mangsa mereka, membuat polulasi mereka menyusut drastic. Dan mungkin juga Thylacine juga diburu untuk mengurangi ancaman atas serangan hewan liar.
Sebuah catatan di Hobart Zoo memperlihatkan bahwa mereka pernah menangkap Thylacine dan memeliharanya, sebelum akhirnya mati pada tahun 1933.



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

When qualifying for any standard FHA refinance, a borrower would should credit and
debt qualify since they would for virtually any loan adi.gd until september 2010, the
va is permitted to always guaranty adjustable rate mortgages arm s and hybrid arm s harm s.

Anonymous said...
on 

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...