Monday, November 30, 2009

GUITAR PRO Software Bagi Mereka Yang Ingin Belajar Bermain Gitar


Guitar Pro adalah software buatan perusahaan Perancis Arobas Musik, diciptakan untuk membantu musisi dan calon musisi untuk menulis, mengedit dan belajar musik. Hal ini juga membantu pembagian komposisi di antara kelompok musisi, dalam sebuah band atau orkes musik.
Guitar Pro memiliki multitrack editor, tablature, memiliki built in MIDI-editor, akord gitar, dan metronom juga masih ditambah dengan fasilitas lain yang berguna untuk gitaris dan musisi.

Pemula yang ingin belajar gitar dapat melihat posisi kunci gitar, pada tampilan yang disajikan. Dan dapat mengimpor dan mengekspor file midi standar (*.MID). Pengguna dapat memperlajari notasi, tablature dan posisi kunci dari sebuah lagu dengan melihat pada tampilan yang disajikan software ini.
Dapat diinstal baik pada PC dengan OS Windows, maupun MacOS.

Guitar Pro memberikan penggunanya pilihan pengaturan kunci bass dan treble untuk setiap instrumen, fasilitas ini sangat membantu namun juga dapat menghasilkan suara baru yang terkadang aneh, misalnya kunci bass harus digunakan pada cello, bila kemudian digunakan hanya kunci treble, maka akan dihasilkan suara cello yang terlalu tinggi, berbeda dengan aslinya. User dapat bereksperimen dengan berbagai jenis suara baru dengan adanya fasilitas ini.
Berbagai jenis instrumen pengiring dapat ditambahkan, seperti drum, keyboard, piano, dan lain sebagainya.

Dibutuhkan memori yang cukup besar untuk menjalankan software ini tanpa terputus, software dapat berjalan pada memori 512KB, namun disarankan setidaknya gunakan 1GB. Apabila anda ingin mencobanya, tersedia versi trial (uji coba) yang dapat didownload di situs resminya: http://www.guitar-pro.com/ .
File yag dihasilkan mempunyai extension GPx (GP3, GP4 atau GP5, tergantung pada versi yang dipergunakannya.

Instrumen yang sudah dibuat dapat dimainkan bersamaan dengan lagu, sehingga kesesuaian instrumen terhadap lagu, dapat didengarkan langsung, sehingga memudahkan editing. Diatas semuanya fasilitas tablature editornya yang jarang didapat dari instrument editor lainnya.
Demo dari penggunaan Guitar Pro dapat anda saksikan pada video berikut:



www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “GUITAR PRO Software Bagi Mereka Yang Ingin Belajar Bermain Gitar”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...