Thursday, December 18, 2014

Bisnis Itu Gampang! Nggak Percaya? Baca Artikel Berikut Ini!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 18 Des 2014 | Banyak saudara, teman, maupun audience seminar saya yang sering menanyakan mengenai bagaimana kiat berbisnis yang ampuh dan anti gagal. Hal ini menjadi pertanyaan yang paling sering muncul dibandingkan dengan pertanyaan lain, tentunya karena dipicu kenyataan bahwa banyak orang yang mencoba berbisnis kemudian jatuh bangkrut.

Padahal saya melihat bahwa bisnis adalah sesuatu yang simpel, sederhana, nggak pake rumit. Pada dasarnya adalah anda beli barang berapa kemudian dijual berapa (tentunya lebih tinggi, setelah ditambah laba yang pantas).

Misalnya kalau anda mampu membeli air mineral botol seharga 1.000,- rupiah dan mampu menjualnya 1.150,- rupiah saja (atau lebih mahal lagi bila anda ingin laba yang lebih), maka berarti anda sudah mampu berbisnis. Ya .. semudah itu!

Nah .. dalam bisnis untuk memperbesar laba ada 2 pilihan meningkatkan kualitas atau meningkatkan kuantitas. Meningkatkan kualitas laba berarti harus diiringi dengan meningkatkan kualitas produk. Jadi air mineral dengan modal 1.000,- misalnya anda jual dengan harga 1.950,- misalnya. Maka laba anda untuk setiap penjualan akan naik.

Bisa juga anda meningkatkan laba dengan meningkatkan kuantitas penjualan. Kalau anda menjual air mineral dengan laba perbotol hanya 115 rupiah, maka bila anda menjual 5.000 botol dalam sehari maka laba anda menjadi 575.000,- rupiah per hari, maka dalam sebulan anda bisa meraih laba 17.250.000,- rupiah. Sekali lagi .. semudah itulah bisnis.

Pertanyaanya susulan yang biasanya muncul adalah: "air mineral kan ya adanya sudah seperti itu, apalagi yang mau dirubah untuk meningkatkan kualitasnya?".

Meningkatkan kualitas, bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:
1. Mengemas dalam bentuk lain
2. Mengolah produk agar menjadi produk lain.
Dalam kasus dimana produknya air mineral, maka pilihan 1 diatas menjadi hal yang paling masuk akal.

Kalau anda mengemas dalam bentuk penyajian yang lebih baik, misalnya anda gabungkan penjualannya sepaket dengan kue sus, atau anda bikin cafe dengan tempat yang nyaman, atau anda bikin warnet, maka dengan cara tersebut menjadi bisa diterima logika bila anda menjual air mineral dengan margin laba yang lebih besar.

Produk yang saya bahas diatas (air mineral) hanyalah sebuah contoh kecil untuk menunjukkan kesederhanaan bisnis (karena kebetulan ini adalah bisnis dari teman lama saya yang tinggal di bilangan Tomang, dan keuntungan bersihnya mencapai puluhan juta perbulan). Namun aturan yang sama berlaku untuk produk yang lain. Bisnis adalah berbicara mengenai mencetak laba. Dan untuk mencetak laba tinggal anda tentukan apakah kualitas atau kuantitas yang anda akan naikkan.

Sebagai contoh lain, ada seorang teman yang hanya mantan kuli bangunan yang berjualan teh tawar yang dikemas dikantong plastik, yang pada tahun 1990 lalu ia jual hanya 500 rupiah per kantong, di terminal angkot dan bus. Percayakah anda dengan dibantu adik dan istrinya ia mampu menjual sedikitnya sampai 500 kantong teh perhari, hitung sendiri omzetnya. Yang jelas ia katakan penghasilannya lebih bagus daripada saat menjadi kuli. Jadi ..  bisnis itu mudah kan?

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

Great! Your post is amazing and interesting. Thanks for share!
download beetalk

Dụng Nam said...
on 

Post a Comment