Sunday, October 19, 2014

7 Langkah Untuk Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan (Part 1)

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 19 Okt 2014 | Anda pernah mendengar motto dari Honda yaitu "The Power of Dream" yang berarti kekuatan dari mimpi? Apa yang Honda coba sampaikan dari motto ini? Ya. . . Honda coba menyampaikan bahwa segala pencapaian yang saat ini terwujud pada awalnya adalah berasal dari MIMPI.

Namun tidak ada sebuah mimpi yang manapun atau kapanpun, yang bisa menjadi kenyataan apabila bukan karena memang anda sudah berada pada situasi tersebut atau ada usaha untuk mewujudkannya. Mimpi sederhana seperti makan soto atau berjalan-jalan di sebuah mal dengan mudah menjadi kenyataan, karena memang anda berada pada situasi dan kondisi memungkinkan tersebut. Namun sebuah mimpi besar misalnya anda kan menjadi seorang pengusaha yang besar dibidang tertentu, atau terwujudnya cita-cita jangka panjang anda tentu tidak akan sedemikian mudahnya terwujud tanpa usaha untuk mewujudkannya.

Lalu, bagaimana cara mewujudkannya? Jangan khawatir, asal anda tahu dan bersedia melakukan segala hal dan kebaikan untuk mewujudkannya tentunya "The Power Of Dream" bisa juga menjadi kekuatan yang menjadi milik anda pula.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang akan mempermudah anda dalam mewujudkan mimpi anda untuk menjadi kenyataan:


1. Pilih Mimpi Yang Masuk Akal

Anggaplah anda mempunyai seribu ataupun sejuta mimpi tentu tidak seluruhnya adalah berupa mimpi yang bisa diwujudkan, anda harus memilih salah satu dari ribuan atau jutaan mimpi anda yang masuk akal dan menurut ukuran anda layak dan mampu untuk diwujudkan. Pilihlah sebuah mimpi yang mempunyai korelasi yang paling kuat dengan kondisi anda saat ini.

Mimpi untuk menjadi presiden Amerika misalnya, akan menjadi terlalu ajaib untuk terwujud bila anda adalah seorang warga Indonesia misalnya. Atau mimpi punya sayap dan bisa terbang layaknya burung tentu adalah sesuatu yang mustahil untuk bisa menjadi kenyataan.

Namun bila anda misalnya adalah seorang penjahit keliling dan ingin mempunyai sebuah usaha konveksi, maka itu adalah sebuah mimpi yang mempunyai korelasi yang kuat dengan keadaan dan kapabilitas anda saat ini. Bila anda adalah seorang sales mobil dan ingin mempunyai beberapa showroom besar dibeberapa wilayah maka ini juga termasuk contoh dari impian yang punya korelasi kuat dengan kondisi anda saat ini.

Namun jangan pula membatasi impian yang ingin anda wujudkan dengan profesi anda saat ini, selama itu masih masuk akal tentu tidak ada salahnya untuk coba anda wujudkan. Misalnya bila anda seorang pegawai negeri dan ingin memiliki warung/ resto baso dibanyak wilayah tentu boleh saja anda coba. Baso Malang Cak Eko, adalah sebuah contoh dari perwujudan impian seorang pegawai untuk menjadi pengusaha baso.


2. Jelaskan Kuantitas Dan Kualitas Dari Target Anda

Setelah anda tetapkan sebuah mimpi yang menjadi target anda, maka selanjutnya anda harus menjabarkan dengan lebih detail mengenai target anda tersebut. Jadi bila target anda adalah mempunyai sebuah usaha konveksi, maka anda harus menjabarkan seberapa besar usaha yang anda impikan.

Berapa potong pakaian yang akan diproduksi oleh usaha konveksi impian anda nantinya? Berapa jumlah mesin yang harus anda miliki? Berapa jumlah karyawan yang ingin anda pekerjakan? Berapa keuntungan perbulan yang anda inginkan untuk masuk kantong anda? Dan seterusnya.

Bila anda ingin memiliki sebuah klinik kecantikan misalnya, maka coba jabarkan berapa banyak pasien yang akan menjadi pelanggan tetap anda? berapa dokter yang akan anda pekerjakan? Dimana lokasi klinik anda akan dibuka? Peralatan klinik apa saja yang ingin anda miliki sebagai aset anda? Dan seterusnya . . dan seterusnya.

Disini kemampuan anda dalam menjabarkan detail akan sangat menentukan tingkat keberhasilan anda dalam mewujudkan impian anda. Jadi . . makin detail penjabaran anda berarti makin baik hasilnya. Misalnya anda bisa menjabarkan seperti apa seragam pegawai ditempat anda bekerja, model dan warnanya apa?

Bila anda menginginkan mesin atau peralatan yang hendak menjadi aset ditempat kerja anda sebaiknya anda tahu berapa jumlahnya dan kualitas sebaik apa yang anda inginkan. Akan lebih baik bila anda sampai bisa menjabarkan merek mesin atau peralatan yang anda inginkan dan kisaran harganya.

Bila untuk usaha anda nantinya dibutuhkan inventaris kendaraan bagi para karyawan akan lebih baik bila anda bisa menjabarkan ada berapa kendaraan inventaris yang akan anda miliki, apa saja dan berapa jumlahnya? Bila anda membutuhkan kantor atau gudang atau bangunan untuk sarana kerja anda, jabarkan berapa luas dan dimana lokasi ideal yang anda inginkan.

Bila usaha impian anda harus mempunyai banyak karyawan dengan berbagai jenjang dan divisi/ departemen, maka coba jabarkan divisi apa saja yang nantinya harus dibentuk? Jenjang karir apa saja yang harus diwujudkan? Berapa gaji untuk masing-masing individu pada jenjang dan divisi/ departemen dari setiap individu tersebut?

Yang jelas, sekali lagi saya sebutkan disini, semakin detail anda menjabarkan akan semakin baik hasilnya. Darimana detail ini bisa anda dapatkan? Cara yang termudah adalah dengan MENCONTEK. Sebaiknya anda mempunyai contoh ideal dari usaha yang ingin anda wujudkan. Misalnya bila anda ingin mempunyai Chinese Food Resto, maka ambillah contoh dari sebuah contoh dari Chinese Food Resto yang sukses, yang sesuai dengan gambaran impian anda.

Atau bila anda ingin membangun sebuah klinik kecantikan maka anda bisa memilih sebuah klinik kecantikan terkenal yang sesuai dengan impian anda untuk anda contek sebagai model dari bisnis impian anda. Tinggal anda contek, peralatan apa saja yang mereka miliki? Berapa jumlah dokter yang dipekerjakan? Ada divisi apa saja disitu? Dan seterusnya . .dan seterusnya.

Bila impian anda bukanlah memiliki sebuah unit usaha/ bisnis, mungkin saja sebuah profesi tertentu yang anda impikan, misalnya saja anda ingin menjadi penyanyi terkenal. Hal ini tentunya menjadi lebih mudah, karena biasanya mereka yang mengimpikan menjadi seseorang dengan profesi tertentu, biasanya sudah mempunyai sosok idola yang menjadi sosok atau profil panutan.

Maka selanjutnya tinggal anda jabarkan detail dari profesi impian anda sesuai dengan profil panutan anda. Misalnya: berapa rekaman dalam setahun, berapa show dalam setahun, iklan apa saja yang ingin anda bintangi. Bagaimana penampilan anda saat profesi tersebut nantinya terwujud?

Atau bisa juga anda melakukan detail dari bisnis dan juga profil pengusahanya. Misalnya anda ingin mempunyai bisnis showroom mobil, maka anda bisa memilih showroom tertentu sebagai bahan contekan anda dan kalau kebetulan anda mengenal siapa pengusahanya, maka anda bisa menjabarkan juga dengan detail bagaimana profil, kegiatan dari pengusaha bisnis showroom tersebut?

Dalam penjabaran detail ini tentunya tidak harus sama 100% dengan "contekan" anda, kalau bisa lebih baik mengapa tidak? Betul kan? Jadi bila "contekan" anda hanya punya 3 cabang, boleh dan sah saja bila anda mengimpikan punya 5 atau lebih cabang. Bila profil "contekan" anda mempunyai kebiasaan buruk, tentu anda cukup meniru kebiasaan baiknya saja.

Bersambung ke Part 2 >> 3. Apa Yang Anda Tukarkan Untuk Memperolehnya?

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

miami dolphins jerseys, http://www.miamidolphinsjersey.com/
louis vuitton handbags, http://www.louisvuittonhandbagsoutlet.co.uk/
true religion jeans, http://www.truereligionjean.in.net/
oakland raiders jerseys, http://www.oaklandraidersjerseys.us/
louis vuitton, http://www.borselouisvuittonoutlet.it/
new york giants jerseys, http://www.newyorkgiants.us/
indianapolis colts jerseys, http://www.indianapoliscoltsjersey.us/
coach handbags, http://www.coachhandbagsoutletonline.us.com/
michael kors handbags,michael kors outlet,michael kors outlet online,michael kors,kors outlet,michael kors outlet online sale,michael kors handbags clearance,michael kors purses,michaelkors.com,michael kors bags,michael kors shoes,michaelkors,cheap michael kors
ysl outlet store, http://www.ysloutletonline.com/
louis vuitton bags, http://www.louisvuittonbag.us.com/
coach outlet store, http://www.coachoutletcanada.com.co/
canada goose sale, http://www.canadagoose.us.org/
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescanada.com/
louis vuitton outlet online, http://www.louisvuitton.in.net/
ralph lauren uk, http://www.ralphlauren-outletonline.co.uk/
iphone 6 plus cases, http://www.iphonecase.name/
longchamp outlet online, http://www.longchampoutlet.name/
tory burch outlet, http://www.toryburchoutletonline.in.net/
san francisco 49ers jerseys, http://www.sanfrancisco49ersjerseys.us/
barcelona jersey, http://www.barcelonajerseys.net/
kk0915

Unknown said...
on 

Post a Comment