Friday, November 1, 2013

Sampaikan Pesan Dengan Humor

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Jumat, 1 Nov 2013 | T. S. Eliot seorang penulis dan kritikus berkebangsaan Amerika & Inggris pernah mengatakan:"Humor is also a way of saying something serious".
Yang artinya humor adalah salah satu cara untuk menyampaikan hal hal yang serius. Benarkah demikian?

Dalam kehidupan kita seringkali kita harus saling bertukar informasi dengan teman, kolega, keluarga, atau siapapun dengan materi yang variatif. Bisa saja berisi materi belajar, materi pekerjaan, kotbah, atau hanya sekedar pembicaraan ringan.

Dalam penyampaian materi tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai alternatif. Ada beberapa orang yang senang menyampaikan materinya secara serius, ada yang senang menyampaikan materinya secara sistematis, ada pula yang senang menyelipkan humor dalam penyampaian.

Penyampaian materi dengan diselingi humor ringan akan menjaga agar suasana tetap terasa hangat dan rileks. Selingan humor juga akan meningkatkan daya tarik pendengar sebagai penerima materi, dan sebaliknya juga mampu menekan kejenuhan.

Untuk itu selayaknya penyampai materi menyampaikan humor yang memenuhi unsur unsur sebagai berikut:
1. Relevan
Humor yang disampaikan selayaknya masih relevan dengan isi materi. Misalnya menceritakan tindakan yang keliru yang berakibat konyol karena ulah seseorang yang bertindak berlawanan dengan isi materi yang disampaikan.

2. Lucu
Selayaknya humor ya harus lucu dan memancing tawa, jangan sampai pendengar tertawa hanya karena rasa iba atau menghormati anda saja.

3. Sopan
Buatlah candaan yang tidak menyinggung perasaan dan masih mengandung norma norma kesusilaan dan kesopanan. Humor atau candaan yang vulgar atau menyinggung perasaan akan membuat inti materi malah terkaburkan. Jangan sampai humor yang mustinya selingan atau teknik penyampaian secara lucu, berubah menjadi aspek pengabur materi.

So. .... keep speaking and have fun. Have a nice day :)


 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)