Thursday, October 24, 2013

VMware ThinApps, Aplikasi Pembuat Portable Software

www.AstroDigi.comAstroDigi.com | Kamis, 24 Okt 2013 | Pernah dengar mengenai aplikasi portable? Aplikasi portable adalah aplikasi yang bisa langsung "running" (=dieksekusi) tanpa harus diinstal ke OS (dalam hal ini Windows).

VMware ThinApps, adalah aplikasi yang masuk kategori SHAREWARE, artinya gratis selama beberapa waktu (dalam hal ini adalah 2 bulan), dan setelah masa gratisnya habis, anda harus membeli lisensinya bila masih ingin melanjutkan pemakaian.

Aplikasi  VMware ThinApps  dapat didownload pada link berikut ini:
https://my.vmware.com/web/vmware/info/slug/desktop_downloads/vmware_thinapp/4_5
Dan seperti yang saya sebutkan, aplikasi ini hanya gratis selama 2 bulan pemakaian pertama saja.

Saya biasanya menggunakan program portable pada saat melakukan reparasi atau pengujian yang tidak saya lakukan pada komputer sendiri. Dengan aplikasi yang sudah dibuat portable maka jumlah aplikasi yang terinstal dikomputer yang saya uji tidak berubah, demikian pula registry pada komputer yang saya uji juga tidak berubah.

VMware ThinApps, juga dapat digunakan untuk melakukan REMASTERING.
Apakah remastering itu? Remastering adalah proses membangun ulang file master/ master-setup.

Seseorang yang akan menginstal aplikasi biasanya akan membutuhkan file-file master-setup yang nantinya bila di-running akan menginstal aplikasi ke OS.

Dengan remastering, anda tidak lagi perlu memasukkan data-data yang biasanya diminta saat proses instalasi, termasuk juga Serial Number atau CD Key yang umumnya diminta saat anda melakukan instalasi.

Dengan demikian anda bisa menghemat waktu instalasi, dan juga anda bisa meninggalkan PC anda selama instalasi , tanpa khawatir instalasi terhenti karena menunggu inputan data dari anda.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

1

Wah aplikasi pembuat software yang bagus nih, terimakasih infonya ya :)

Info CPNS 2014 said...
on 

Post a Comment