Monday, January 21, 2013

Alien Hand Syndrome, Penyakit Aneh Dimana Tangan Menyerang Diri Sendiri

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 16 Feb 2013 | Didunia yang semakin modern ini, informasi mengenai ribuan penyakit aneh bermunculan di berbagai media, penyakit yang pada jaman dahulu belum dikenal, kini mulai diberitakan. Salah satu penyakit aneh yang mulai diberitakan adalah "Alien Hand Syndrome". Pemberian nama yang agak ekstrim dan aneh ini dikarenakan penderita penyakit ini terancam diserang oleh "tangannya sendiri".

Karen Byrne, salah seorang penderita dari New Jersey, Amerika Serikat, merasa menjalani kehidupan yang oleh orang-orang lain hanya bisa disaksikan pada film-film horor. Penyakit yang dideritanya membuat tangan dan kaki kirinya seolah berada dalam kontrol makhluk lain.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Seringkali tangan kirinya ataupun kaki kirinya, bergerak sendiri tanpa kendali, dan parahnya gerakan tanpa kontrol itu kadang merupakan gerakan yang menyerang dirinya sendiri. Seringkali ia harus merasakan sakitnya pukulan atau tamparan yang dilakukan oleh tangannya sendiri. Bagaimana dengan kaki kirinya? Yah . . Meskipun kaki ini tidak dapat melakukan tendangan ke tubuhnya namun seringkali Karen dibelokkan kearah yang tidak dikendaki saat ia berjalan.

Meskipun terdengar seperti sebuah penyakit baru namun sebenarnya penyakit ini hanyalah varian dari penyakit yang disebabkan oleh kerusakan saraf symptom otak manusia. Jadi penyakit ini dapat digolongkan serupa dengan Alzheimer, Epilepsi, Parkinson, yang didalam katalog medis digolongkan sebagai "neurogical disorder"
.

Pada kasus Karen, penyakit Alien Hand Syndrome adalah semacam bentuk baru dari kerusakan syaraf otak yang dideritanya sejak kecil. Semenjak usia belia Karen menderita epilepsi. Dan  pada usia 27 tahun ia memutuskan untuk menjalani operasi untuk mengatasi gangguan akibat epilepsinya.

Operasi tersebut sesungguhnya terbilang sukses dalam menghentikan efek kejang-kejang yang senantiasa menghantui para penderita epilepsi, namun 3 bulan setalah itu, Karen mulai merasakan bahwa sekarang ia tidak dapat mengontrol tangan dan kaki kirinya.

Tangan kiri Karen kadang melepas kancing bajunya sendiri, mematikan rokok, mengacak-acak barang-barang, dan kadang-kadang memukul dan menamparnya, semuanya terjadi tanpa dapat dikontrol oleh Karen.

Karena referensi medis untuk penyakit langka semacam ini masih terbatas, maka hingga saat ini pengobatan yang tepat untuk penyakit semacam ini masih belum dapat dilakukan. Team dokter yang menangani Karen masih melakukan pengobatan yang masih terbatas untuk membuat penyakit tersebut tidak semakin akut, dan setidaknya sedikit berkurang.

Setelah 30 tahun menderita penyakit ini, selain menjadi cukup pasrah Karen juga mulai terbiasa mengantisipasi gangguan akibat penyakitnya ini, beruntunglah ia masih memilki tangan kanan dan kaki kanan yang masih 100% berada dalam kendalinya. Tangan kanan dan kaki kanan inilah yang ia optimalkan saat tangan kiri dan kaki kirinya mulai mengganggu aktifitasnya. Sambil terus berharap agar obat bagi penyakitnya segera ditemukan.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Alien Hand Syndrome, Penyakit Aneh Dimana Tangan Menyerang Diri Sendiri”


Post a Comment