Thursday, November 11, 2010

Tujuh Tips Untuk Memanfaatkan Buah Yang Terlalu Masak


www.AstroDigi.com

Kapanlagi.com | Minggu, 17 Oktober 2010 | Apakah buah yang kelewat masak masih bisa dimanfaatkan? Temukan jawabannya di sini.
Saat buah berada dalam kondisi mentah, rasanya benar-benar tidak enak, demikian pula saat buah tersebut kelewat matang.

Beberapa orang bahkan memiliki kecenderungan merasa muak dan mual saat lidah mereka berhadapan dengan rasa buah yang terlalu matang. Jika begitu, apakah itu berarti tidak ada harapan bagi buah yang terlalu matang untuk dimanfaatkan lagi? Tentu masih ada harapan. Berikut ini ada 7 cara yang bisa Anda pakai untuk menyiasati penggunaan buah kelewat matang.

Bekukan beberapa saat

Membekukan buah mampu menghentikannya untuk lebih matang lagi dan juga cukup membantu pembuatan smoothies atau es batang dari buah. Untuk pemanfaatan cara ini, yang Anda perlukan hanyalah buah, cairan (bisa dalam bentuk jus, air, susu, cokelat cair, atau lainnya), dan sebuah blender. Jika Anda tak memiliki blender, maka jangan khawatir, beberapa buah seperti blueberry dan anggur, tak memerlukannya sebab rasanya justru lebih nikmat bila dimakan dalam keadaan beku.

Untuk buah lain, pisang misalnya, tusuk dengan batang es, lumuri dengan cokelat, dan bekukan. Dalam waktu beberapa jam saja, Anda sudah mendapatkan sebuah hidangan dessert yang menggoda.

Saatnya membuat selai dan kuah

Olah nanas, apel, jeruk, hingga pisang yang kelewat matang tersebut menjadi selai yang nikmat. Anda bisa browsing resepnya di internet. Tak terlalu suka selai? Maka pakai saja buah yang ada sebagai kuah/ saus yang disajikan dengan roti panggang. Hmm, nikmat.

Isi roti

Seiring bertambah matang, rasa manis dalam buah biasanya juga semakin meningkat. Hal ini membuat buah kelewat matang menjadi teman yang klop untuk isi roti, muffin, pancake, atau pie. Dijamin rasa terlalu matangnya bakal tersamar oleh sedapnya adonan roti.

Manisan buah

Anda dapat pula mengolah buah yang terlalu matang menjadi kue buah panggang. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan oven atau micorwave. Lumat buah, tambah susu atau air, atau bahan lain sesuai selera, lalu panggang adonan.

Sulap jadi topping

Kombinasikan buah pilihan Anda dengan sayuran, masakan daging, atau lainnya sehingga Anda mendapatkan topping pendamping yang berasal dari buah. Masih ingat nanas dalam koloke? Yah, mirip seperti itulah.

Masker

Selain diolah untuk dijadikan penganan, buah yang kelewat masak juga bisa digunakan untuk masker wajah. Campur buah dengan oatmeal, madu, kuning telur, alpukat, atau susu. Masker wajah pun siap dipakai.

Pupuk tanaman

Buah yang sudah hampir membusuk ternyata memiliki kandungan gizi yang penting untuk tanaman, jadi pendam dalam tanah sebagai pupuk bebas bau yang bisa menyuburkan tanaman Anda.

Dengan 7 trik di atas, jelas bahwa buah yang kelewat matang masih memiliki harapan untuk dimanfaatkan, meski tidak dengan dikonsumsi secara langsung. Ayo, berkreasi ibu-ibu!

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Tujuh Tips Untuk Memanfaatkan Buah Yang Terlalu Masak”


Post a Comment