Wednesday, October 13, 2010

Indonesia Miliki Banyak Tanaman Berpotensi Sebagai Obat AIDS


www.AstroDigi.com

KOMPAS.com | Rabu, 2 Desember 2009 | Banyak tanaman asli Indonesia yang berpotensi sebagai anti-HIV/AIDS, tetapi belum diuji skrining hingga menjadi obat yang diakui.

"Justru skrining terhadap tanaman herbal tropis anti-HIV banyak dilakukan negara-negara maju seperti AS atau Eropa," kata pakar biomedik Suprapto Ma’at di Jakarta, Rabu (2/12).

Suprapto mengatakan skrining itu diawali dengan penentuan sitotoksisitas ekstrak terhadap kultur sel yang telah diinveksi HIV, hingga skrining terhadap fraksi ekstrak tanaman untuk diketahui mana yang memiliki aktivitas mantap sebagai anti-HIV.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu mencontohkan, dari hasil penelitian Barat terhadap kunyit (curcuma domestika/longa) diketahui pigmen berwarna kuningnya ternyata memiliki efek farmakologik seperti antitumor, aktivitas anti infeksi, anti-inflamasi dan dapat menghambat aktivitas enzim integrase HIV-1.

Acemannan yang merupakan polisakarida asetilasi dari lidah buaya (aloe vera) yang diteliti laboratorium di AS dan di Kanada, ternyata bersifat antitumor, imunostimulan, dan antiviral.

Diterpenoid lakton yang terdapat pada sambiloto (andrographis paniculata) dapat menghambat pertumbuhan virus HIV-1 maupun virus HIV-2 dan dipatenkan di Universitas Bastyr dengan nama AndroVir.

Penelitian terhadap akstrak meniran (phyllanthus niruri) bekerja sebagai anti-viral dan imunostimulator (perangsang imunitas) pada penderita HIV/AIDS.

Ekstrak buah mengkudu (morinda citrifolia) telah dipatenkan sejumlah peneliti di negara maju sebagai antiinfeksi dan antikanker.

Ekstrak Bratawali (tinospora cordifolia) mampu menurunkan gejala yang terjadi pada infeksi HIV seperti mual, muntah, anoreksia dan lemah.

Ekstrak jambu biji (psidium guajava) sebagai penghambat virus HIV dan meringankan efek samping penderita HIV, seperti diare.

Agar peneliti Indonesia bisa lebih aktif melakukan pencarian obat anti-HIV dari berbagai tanaman asli tropis, perlu dibangun laboratorium khusus virus dan laboratorium kultur sel, meski lab ini membutuhkan investasi sangat besar.

Ia mengatakan China yang sudah melakukan skrining terhadap tanaman anti-HIV terhadap 5.000 spesies tanaman obat, hanya menghasilkan sekitar 90 spesies yang menunjukkan aktivitas anti-HIV atau hanya sekitar 13 persen saja.

Sejauh ini penanganan HIV/AIDS mengandalkan HAART (Highly active antiretroviral therapy) yang diperkenalkan sejak 1996, yang mencakup kombinasi tiga obat kimia yang berasal dari sedikitnya dua jenis agen antiretroviral.

HAART membuat adanya stabilisasi gejala dan meningkatkan waktu bertahan penderita antara 4-12 tahun, tetapi tidak menyembuhkan pasien dari HIV dan bisa kambuh kembali setelah perawatan berhenti.

"Dengan demikian pasien HIV membutuhkan obat alternatif pendamping dan potensi obat herbal perlu terus digali," katanya.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

5 comments to “Indonesia Miliki Banyak Tanaman Berpotensi Sebagai Obat AIDS”

Artikel yang bagus.
Memang benar, sudah saatnya kita beralih menggunakan obat tradisional Selain lebih sehat dan aman, dengan menggunakan obat tradisional berarti juga turut melestarikan warisan leluhur. CINTAI PRODUK INDONESIA !

Tanaman Obat said...
on 

uggs for men
oakley sunglasses
coach outlet
ugg outlet
michael kors outlet
michael kors outlet online
ugg australia
christian louboutin outlet
celine bags
uggs on sale
louis vuitton outlet
nike free run
fitflops
ray-ban sunglasses
montblanc
louis vuitton bags
louboutin pas cher
louis vuitton
uggs outlet
instyler curling iron
burberry outlet
ugg boots
cheap oakley sunglasses
louis vuitton
michael kors outlet online
oakley sunglasses
north face jacket
nike air huarache
ralph lauren polo
michael kors outlet
prada outlet
20151208yuanyuan

John said...
on 

michael kors handbags
ray ban sunglasses
converse trainers
red valentino
michael kors handbags
salomon boots
tiffany and co
cheap nhl jerseys
michael kors handbags outlet
cheap oakley sunglasses

raybanoutlet001 said...
on 

Excellent post. I used to be checking continuously this blog and I’m impressed! Jelly Gamat Kuningan
Very helpful info particularly the ultimate part
care for such information much. I used to be seeking this
particular info for a long time.

Satuperjuangan said...
on 

pandora charms
ugg outlet
adidas wings
ray ban sunglasses
jimmy choo outlet
mont blanc pens
mbt
louboutin
supreme
adidas flip flops
20183.17wengdongdong

Unknown said...
on 

Post a Comment