Monday, August 23, 2010

Wyclef Jean, Pentolan The Fugees Calonkan Diri Jadi Presiden Haiti


www.AstroDigi.com

TEMPOInteraktif.com | Jum'at, 06 Agustus 2010 | Artis Wyclef Jean mempersiapkan diri untuk mengumumkan sebagai calon presiden Haiti. Karena itu, Jean mundur dari lembaga bantuan yang didirikannya untuk Haiti.

Jean mengumumkan dirinya mundur sebagai kepala lembaga Yele Haiti mulai Kamis (5/8). Penyanyi kelahiran Brooklyn, Amerika Serikat, ini sedang menuju kampong halamannya di Hait. Jean diperkirakan secara resmi mencalonkan diri sebagai presiden Haiti di Komisi Pemilihan Umum di ibukota Haiti, Port-au-Prince, Kamis malam waktu setempat.

“Saya tidak pernah meninggalkan komitmen saya untuk Haiti. Sebaliknya, apapun langkah yang saya ambil selanjutnya, satu yang pasti: fokus saya adalah membantu arah Haiti ke lembaran baru akan semakin kuat,” ujar Jean dalam pernyataanya.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Jean, pengusaha Derek Q. Johnson akan memimpin Yele Haiti.

Jean mendirikan Yele Haiti lima tahun lalu untuk mengumpulkan dana dan membangun kewaspadaan terhadap masalah di kampung halamannya yang miskin. Lembaga tersebut sempat menggaet dana sebesar US$ 9 juta setelah gempa 12 Januari menewaskan sekitar 300 ribu warga Haiti. Untuk itu, menurut juru bicara Jean, Cindy Tanebaum, mereka telah menggelontorkan US$ 1,5 juta untuk makanan, air, tenda, pakaian, dan produk lain bagi korban gempa.

Lembaga yang diambil namanya dari salah satu lagu Jean tersebut terkadang bekerja sama dengan Persatuan Bangsa-Bangsa dan badan lain untuk melaksanakan programnya. Namun, Yele Haiti menuai kritik karena ada dugaan korupsi dalam dana bantuan gempa. Jean dituding menerima bayaran dari Yele jika Jean tampil di acara penggalangan dana.

Jean membantah tudingan tersebut. Ia pun sempat menangis dalam jumpa pers usai gempa. Yele juga menyewa firma akuntan untuk menyelidiki tuduhan itu.

Pada Rabu, situs The Smoking Gun melansir dokumen-dokumen yang mengindikasikan Jean mengutang pajak sebesar US$ 2,1 juta ke pemerintah Amerika Serkat. Pihak Jean enggan menanggapi tudingan tersebut.

Jean sendiri saat ini dalam perjalanan menuju Haiti dan tidak bisa dimintai komentar. Dari sebuah pesawat pribadi, Jean menulis di Twitter: “Tinggal landas ke Haiti saya dan keluarga saya akan membuat keputusan terbesar dalam hidup kami.”

Di Port-au-Prince beberapa penggemar Jean menyuarakan dukungan kepada Jean untuk mencalonkan diri menjadi presiden Haiti.

Jean dikenal sebagai personel The Fugees bersama Lauryn Hill dan Prakazrel 'Pras' Michel.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Wyclef Jean, Pentolan The Fugees Calonkan Diri Jadi Presiden Haiti”


Post a Comment