Monday, October 5, 2009

Berpenampilan Marmut, Bertubuh Seukuran Anjing – Part 1

Gambar diambil dari: http://johnnyslick.files.wordpress.com, www.unique-southamerica-travel-experience.com




Kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris) adalah binatang pengerat yang terbesar di dunia. Nama Kapibara berasal dari Kapiÿva dalam bahasa Guarani, yang artinya "tuan dari rumput" , sedangkan nama ilmiahnya, hydrochaeris, adalah bahasa Yunani untuk" babi air ". Sekilas wajahnya mirip dengan marmut, namun ukuran tubuhnya mirip dengan anjing.
Kapibara dewasa dapat tumbuh hingga 130 cm panjangnya, dengan berat lebih dari 65 kg. Tercatat ada kapibara dengan bobot mencapai 105,4 kg. Betinanya umumnya sedikit lebih berat daripada jantan.

Kapibara mencapai kedewasaan dalam waktu 22 bulan, saat musim kawin biasanya kapibara jantan akan mendatangi betinanya saat sedang berkubang di air. Usia kehamilannya berkisar antara 130-150 hari, dan biasanya menghasilkan antara dua hingga delapan bayi dalam sekali kelahiran.

Dalam seminggu kapibara muda sudah dapat makan rumput, tetapi masih menyusui.
Seperti hewan pengerat lainnya, gigi kapibara dapat tumbuh terus-menerus. Kapibara dewasa akan memiliki bulu yang kasar jarang tersebar di kulit mereka, membuat kapibara rentan terhadap sengatan matahari. Untuk mencegah hal ini, mereka berguling dalam lumpur untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari.




Kapibara adalah semi-akuatik mamalia, ditemukan di sebagian besar Amerika Selatan (termasuk Panama, Kosta Rika, Kolombia, Ekuador, Bolivia, Venezuela, Brasil, Argentina, Guyana, Suriname, Guyana Perancis, Uruguay, Peru, dan Paraguay) di kawasan hutan padat di dekat perairan, seperti danau, sungai, kolam, rawa-rawa, dan di sepanjang sungai-sungai di hutan tropis.



Bersambung . . .

www.AstroDigi.com ( Nino Guevara Ruwano )

Comments :

0 comments to “Berpenampilan Marmut, Bertubuh Seukuran Anjing – Part 1”


Post a Comment