Sunday, January 7, 2018

Beginilah Cara Untuk Melakukan Scanning Pada Buku Yang Tebal Tanpa Merusak Buku Tersebut

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 7 Jan 2018 | Buku yang disimpan terlalu lama biasanya akan semakin lapuk dan kertasnya menjadi rapuh dan mudah robek. Cara terbaik untuk melestarikan buku yang sudah lama adalah dengan menyimpannya dalam bentuk file digital.

Untuk keperluan tersebut kita membutuhkan scanner untuk memindahkan halaman buku menjadi file gambar atau halaman dari sebuah file PDF. Untuk keperluan tersebut bisa juga digunakan kamera HP (handphone /smartphone) sebagai pengganti scanner. Nah .. masalah baru terasa bila buku yang akan di-scan adalah buku yang tebal. Menekan buku terlalu keras agar seluruh halaman dapat ter-scan secara utuh.

Dulu yang saya lakukan  adalah menekan keras buku tebal ke permukaan scanner, atau menekan keras ke meja agar seluruh halaman terlihat secara utuh bila saya melakukan scanning dengan kamera HP. Akibatnya sebagian halaman biasanya rusak dan lepas dari jilidnya, sehingga bisa dikatakan buku tersebut menjadi rusak karena proses scanning.


Namun sekarang masalah tersebut tidak akan terulang kembali, karena sekarang sudah banyak dijual handy scanner dengan kualitas scan yang bagus. Handy scanner adalah scanner yang bentuknya mirip seperti batang lampu neon namun bila batang neon bentuknya bulat, handy scanner kotak panjang.

Dipasaran handy scanner bisa didapat dengan harga mulai dari 500 ribu rupiah sampai dengan 3 juta, tergantung kepada kualitas scan dan fitur penunjang lainnya yang disediakan oleh printer yang bersangkutan.
Untuk scanning, user cukup menggeserkan handy scanner sepanjang permukaan obyek yang di-scan. Bila pergeseran terlalu cepat maka hasil scan akan error, biasanya akan ada indikator yang memberitahu user bahwa pergeseran terlalu cepat.


Hasil scan akan tersimpan di memori yang ada pada handy scanner, dimana untuk handy scanner keluaran terbaru, memori yang terpasang pada handy scanner adalah Micro SDCard, sehingga peindahan data ke komputer bisa dilakukan dengan mencabug Micro SDCard dari scanner, dan dengan bantuan card reader (ini sangat murah biasanya dijual antara 10 ribu hingga 20 ribu saja), file gambar dapat dipindahkan.

Handi scanner dapat digeser dengan mudah dari pinggiran buku hingga ke bagian tengah buku (yang merupakan bagian sambungan kertasnya), sehingga untuk buku berukuran tebal tetap tidak perlu harus ditekan keras lagi. Dengan cara demikian proses scanning untuk buku tebal akan lancar dan pastinya tidak merusak buku itu sendiri.

Selamat mencoba, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Beginilah Cara Untuk Melakukan Scanning Pada Buku Yang Tebal Tanpa Merusak Buku Tersebut”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...