Saturday, September 3, 2016

Buaya Dan Aligator, Mirip Tapi Beda!

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Sabtu, 3 Sep 2016 | Buaya .. reptil yang punya kesan paling seram dibandingkan reptil lainnya. Tampilannya yang masih mirip dengan hewan purba dan ukurannya yang memang tergolong besar bila dibandingkan dengan reptil lainnya membuat buaya memiliki image (kesan/citra) seram.

Image seram inilah yang membuat buaya senantiasa menjadi tontonan yang menarik di kebun binatang. Dan penangkaran buaya menjadi penangkaran hewan yang lebih populer dibandingkan penangkaran hewan jenis lainnya.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Seseungguhnya ada hewan lain yang mirip dengan buaya namun secara orang yang awam masih mengenalinya sebagai buaya juga. Hewan tersebut adalah ALIGATOR. Perbedaan antara buaya dan aligator yang paling signifikan adalah pada bentuk moncongnya.

Moncong buaya adalah kecil dan mengerucut mengecil menuju ujung moncongnya. Sedangkan moncong aligator lebih besar dan sampai keujung moncong masih berukuran besar juga dengan ujung moncong yang berbentuk bulat.

Bentuk moncong buaya biasa disebut dengan V-shape (berbentuk huruf V) dan bentuk moncong aligator disebut dengan bentuk D-shape (berbentuk huruf D).

Buaya lebih berbahaya dibandingkan dengan aligator, karena sifatnya yang lebih agresif. Buaya lebih suka menyerang mangsanya, sedangkan aligator lebih suka menunggu mangsanya.

Meski untuk ukuran tubuh buaya dan aligator praktis sama, namun untuk rekor ukuran tubuh buaya masih menang dibandingkan dengan aligator. Buaya tua dapat mencapai panjang tubuh hingga 20 feet ( 6 meter) sedangkan aligator tua dapat mencapai panjang tubuh 15 feet ( 4,5 meter) saja.

Jadi karena buaya dan aligator adalah hewan yang berbeda, meski penampilan mereka tampak serupa tapi tak sama, maka tentu saja buaya dan aligator tidak dapat kawin. Jadi hingga saat ini (saat tulisan ini ditulis) tidak ada spesies yang merupakan campuran antara buaya dan aligator.

Saksikan perbedaan buaya (crocodile) dan aligator dalam tayangan video berikut ini:

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Buaya Dan Aligator, Mirip Tapi Beda!”


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...