Wednesday, August 10, 2016

8 Keunggulan Menggunakan Pen Tablet Sebagai Pengganti Papan Tulis

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 10 Ags 2016 | Mungkin pembaca yang bukan bergelut dibidang desain grafis tidak ataupun kurang mengenal sebuah device/peralatan pelengkap pekerjaan menggambar elektronik yang bernama Pen Tablet atau ada juga yang menyebut benda ini dengan sebutan Drawing Pad.

Kerja daripada Pen Tablet ini mirip dengan mouse, namun sebagai penggerak kursor digunakan sebuah pena elektronik. Ujung pena elektronik yang lebih terfokus (lebih runcing) membuat pekerjaan membuat gambar secara elektronik menjadi lebih mudah.

Karena dilengkapi dengan pena, maka sesungguhnya Pen Tablet dapat digunakan untuk memindahkan juga tulisan tangan kelayar komputer, dalam hal ini berarti dapat digunakan sebagai pengganti papan tulis konvensional. Harga Pen Tablet yang sudah makin terjangkau mungkin bisa membuat pembaca untuk melirik Pen Tablet ini sebagai alternatif pengganti papan tulis.

Saat ini sudah banyak Pen Tablet yang dijual dengan harga dibawah sejutaan dipasaran. Meski untuk produk-produk Pen Tablet kelas atas masih dijual dengan harga diatas sejuta. Anda bisa memanfaatkan layar TV berukuran besar atau proyektor untuk memperbesar tampilan layar komputer anda.

Untuk aplikasi tulis menulis, biasanya saya menggunakan Evernote. Namun pilihan aplikasi lain juga masih banyak. Anda bisa dapatkan baik yang berbayar maupun yang gratis sepenuhnya dengan searching dan men-download-nya diberbagai situs penyedia software di internet.

Bila anda belum terbiasa menggunakan Pen Tablet, maka anda harus berlatih terlebih dahulu untuk melancarkan penggunaannya. Meski hampir mirip kerjanya dengan mouse namun gabungan antara Pad (landasan menulis) dan Pen ini bekerja dengan cara yang berbeda dengan mouse. Posisi mouse pada kursor tergantung pada posisi akhir dimana kursor berada saat mouse akan digerakkan.

Jadi misalnya kursor berada di kanan atas, maka saat mouse digerakkan, maka gerakan akan meneruskan posisi kursor saat itu. Pada Tablet, posisi kursor ditentukan oleh posisi Pen pada Pad, jadi misalnya kursor pada layar sebelum Pen ditempelkan pada Pad berada di kanan atas, bila kemudian Pen ditempelkan ditengah Pad maka kursor akan langsung lompat keposisi tengah. Bila Pen ditempelkan di posisi kiri bawah Pad misalnya, maka kursor akan langsung lompat ke posisi kiri bawah pada layar komputer anda.

Semua posisi dan gerakan yang ditampilkan di layar, sepenuhnya akan mengikuti posisi dan gerakan Pen di Pad. Berbeda dengan mouse yang gerakan kursornya mengikuti mouse namun posisi kursor tidak ditentukan dimana mouse diletakkan, namun tergantung posisi terakhir dimana kursor tersebut berada.

Jadi sekali lagi, intinya untuk user yang belum terbiasas menggunakan Tablet Pen, maka pada awalnya lakukan banyak latihan untuk membiasakan diri menulis atau menggambar menggunakan Tablet Pen, sebelum menggunakannya untuk menulis didepan orang lain saat presentasi atau mengajar.

 Berikut ini adalah 5 manfaat yang dapat anda dapatkan dengan memanfaatkan Pen Tablet sebagai pengganti papan tulis:

  1. Karena memanfaatkan Monitor atau TV atau proyektor sebagai display, maka kecerahan tampilan pasti lebih baik dibandingkan dengan papan tulis
  2. Tidak perlu mengkoleksi spidol berbagai warna. Secara elektronik warna tinta untuk menulis bisa diganti dengan hanya meng-klik pilihan warna yang tersedia pada aplikasi untuk menulis.
  3. Hasil tulisan bisa di-copy untuk dibagikan kepada peserta belajar, peserta meeting atau anak didik atau bila diperlukan juga dapat di-print (cetak) langsung.
  4. Tangan bersih dari noda spidol
  5. Menghapus tulisan menjadi sangat mudah. Hanya dengan tinggal memilih fasilitas “erase all” pada aplikasi maka semua tampilan akan langsung terhapus.
  6. Bila anda menggunakan Evernote sebagai aplikasinya maka hasil tulisan dapat langsung tersinkronisasi dengan smartphone ataupun komputer anda yang lainnya.
  7. Ringkas dan praktis untuk dibawa-bawa. Anda seperti memiliki sebuah papan tulis portable.
  8. Anda dapat gunakan Pen Tablet untuk menjiplak gambar. Tinggal letakkan saja kertas dengan gambar yang akan dijiplak diatas Pad, gerakkan Pen pada gambar, maka garis-garis sesuai dengan gerakan gambar akan menciptakan jiplakan gambar pada layar komputer. Menyenangkan bukan?

Dengan keunggulan tersebut, rasanya layak untuk dipikirkan penggunaan Pen Tablet ini dibandingkan masih menggunakan papan tulis dan spidol sebagai sarana presentasi atau mengajar.
Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, selamat mencoba, selamat beraktifitas .. have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)