Thursday, August 11, 2016

3 Pilihan Untuk Mengakhiri Proses Penjualan

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Kamis, 11 Ags 2016 | Bagi seorang Sales Person (orang yang bergerak dibidang penjualan), sebuah transaksi penjualan seringkali cukup panjang dalam prosesnya. Dan seperti halnya pekerjaan yang lain juga, proses yang terlampau lama dapat menimbulkan "demotivasi" (turunnya motivasi kerja).

Maka selalu tentukan waktu untuk mengakhiri sebuah proses penjualan yang terlalu lama dan menyita waktu, biaya serta energi. Jadi bisa dikatakan bahwa bagi seorang Sales Person mengakhiri sebuah proses jual-beli, sama pentingnya dengan memulai prosesnya. Ada 3 kemungkinan terselesaikannya transaksi, yaitu:

1. Closing. Penjualan terrealisasi, customer jadi membeli produk yang anda tawarkan. Ini tentunya merupakan akhir proses yang paling didambakan oleh para Sales .

2. Pending. Dalam hal ini realisasi penjualan tertunda, karena kesanggupan customer dalam membeli masih belum pada sampai saatnya.

3. Cancelled. Dalam hal ini customer tidak jadi (batal) membeli produk yang sudah ditawarkan.

Seorang Sales Person menangani pilihan yang ke 2 (Pending), harus memastikan kapan dan berapa lama lagi waktu realisasi dari transaksi penjualan akan terjadi.

Sales Person yang baik harus tahu bagaimana cara mengatur komunikasi dengan customer agar dapat diperoleh dengan pasti kapan customer bersedia untuk merealisasikan transaksi jual-beli tersebut.

Seorang Sales Person menangani pilihan yang ke 3 (Cancelled), harus memastikan bahwa ada benefit lain yang diperoleh dari hasil komunikasi dengan calon customer tersebut. Dua diantara benefit yang bisa diperoleh dari calon customer yang batal membeli adalah: 1. Referensi dan 2. Data mengenai kondisi pasar terkait produk yang ditawarkan oleh Sales Person tersebut.

Jadi bisa dikatakan seorang Sales Person yang baik tidak pernah sia-sia dalam upaya penjualannya. Apapun hasil akhir dari transaksi penjualan yang dijalankannya semuanya dapat memberikan manfaat.

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “3 Pilihan Untuk Mengakhiri Proses Penjualan”


Post a Comment