Wednesday, July 8, 2015

Wisata Religi Di Pesantren Alam Bubohu

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 8 Jul 2015 | Banyak orang mengenal Gorontalo sebagai sebuah kota besar di wilayah Sulawesi bagian utara, namun sejak 16 Februari 2001 lalu kota ini merupakan sebuah ibukota dari propinsi dengan nama yang sama yaitu propinsi Gorontalo. Jadi sejak itulah Gorontalo juga dikenal sebagai sebuah propinsi bukan hanya sebuah kota saja.

Propinsi Gorontalo mempunyai penduduk yang mayoritas beragama Islam. Karena sejak jaman dahulu Gorontalo merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam di wilayah Indonesia Timur. Wilayah ini juga menjadi pusat perdagangan di Sulawesi karena posisinya yang strategis dimana Gorontalo berbatasan dengan teluk Tomini di bagian selatan dan Laut Sulawesi di bagian utara.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Sebagai pusat penyebaran agama Islam banyak pesantren yang berdiri di wilayah itu, salah satunya adalah Pesantren Alam Bubohu. Pesantren ini diprakarsai oleh  Yosep Tahir Ma’ruf seorang warga Gorontalo yang berinisiatif untuk mewujudkan mimpinya memajukan daerahnya dan memajukan syiar agama Islam.

Yosef yang akrab dipanggil dengan panggilan Yotama ini kemudian membeli tanah tandus di desa Bongo di wilayah kecamatan Batuda’a Pantai. Ditanah kelahirannya inilah Yotama merombak desa tandus, yang hanya dihuni nelayan miskin dan sekumpulan pemabuk, menjadi wilayah dengan pepohonan subur.

Allah memang senantiasa merestui niat baik yang disertai hati tulus ikhlas umatnya, ditengah desa tandus tersebut ternyata terdapat sebuah mata air. Berawal dari ketersediaan pasokan air dari mata air itulah, bapak Yotama kemudian menghijaukan wilayah gersang ini.

Pembangunan pondokan sebagai tempat belajar para santri dan berbagai sarana pendukung ibadah agar para santri merasa nyaman mulai dibangun satu persatu. Kini desa gersang ini telah menjelma menjadi sebuah desa dengan keindahan rindangnya pepohonan, bangunan indah pondokan, dan juga 2 buah kolam renang, yang oleh bapak Yotama disebut kolam santri dan kolam Asma'ul Husna.

Bapak Yotama juga membangun dua museum diwilayah itu, yaitu museum Beranda Kebudayaan Gorontalo dan Museum Fosil Kayu. Kerja keras luar biasa dari bapak Yotama benar-benar membuahkan hasil luar biasa berupa sebuah desa religi yang asri dan kini merupakan salah satu tujuan wisata religi yang terkenal. Luar biasa!

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)