Tuesday, November 4, 2014

3 Langkah Untuk Memperbaiki Kualitas Bicara

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 4 Nov 2014 | Disadari atau tidak, kemampuan berbicara adalah suatu anugerah yang sangat luarbiasa dari Allah, selaku penguasa dan pencipta dari alam semesta ini kepada manusia. Anda yang terlahir dengan kemampuan bicara normal (tidak bisu, tidak cadel) selayaknya sangat bersyukur akan anugerah yang anda miliki.

Kemampuan berbicara adalah kemampuan yang paling menampakkan perbedaan antara manusia dengan makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Dengan kemampuan bicara manusia mampu berkomunikasi jauh lebih baik dibandingkan makhluk ciptaan Allah lainnya dibumi ini.

Agama juga sering menyatakan bahwa salah satu perhiasan yang indah dari setiap insan Allah adalah ucapan yang baik. Yang berarti kualitas bicara yang baik akan mampu berfungsi sebagai perhiasan yang tidak kalah indahnya dengan perhiasan mahal yang harus dibeli dengan banyak uang.

Ada 3 langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki kualitas berbicara anda yaitu:

1. Sadar Bahwa Kualitas Berbicara Menentukan Derajat Manusia

Apa yang keluar dari mulut anda bisa berupa untaian mutiara ataupun pisau setajam sembilu, ditentukan oleh kualitas dari konten kalimat dari ucapan anda.

Pilihan kata-kata dan tata bahasa yang baik dalam setiap kalimat selain memperjelas isi pembicaraan, apabila dikelola secara baik juga memperindah konten pembicaraan secara keseluruhan.

Sebaliknya apapun yang anda akan sampaikan apabila menggunakan pilihan kata dan tata bahasa yang buruk, selain mengaburkan konten pembicaraan juga dapat membuat anda dipandang rendah oleh lawan bicara. Nah . . kesadaran bahwa kualitas berbicara menentukan derajat anda akan membuat anda menjadi lebih berhati-hati dalam berkata-kata.


2. Menghindari Orang Orang Yang Gemar Berbicara Secara Buruk

Untuk menguatkan tujuan anda dalam menghindari atau menekan sekuatnya berbicara buruk (memaki, mengumpat, mengejek, dan lain sebagainya) maka sebaiknya anda juga sekuatnya menghindari kumpulan orang-orang yang memang gemar berkata buruk dalam

Bagi setiap insan, baik tua, muda maupun kanak-kanak, lingkungan selalu menyumbangkan porsi terbesar dalam perkembangan mental. Itulah sebabnya, memilih lingkungan yang baik akan mengarahkan setiap individu kearah yang baik. Maka setidaknya bila lingkungan yang ideal tidak bisa didapatkan, setidaknya hindari lingkungan dimana merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang biasa berbicara dengan tutur kata yang buruk.


3. Belajar Untuk Berpuasa Dari Keinginan Berbicara Buruk

Langkah ketiga bila anda sudah menyadari pentingnya memperbaiki kualitas bicara dan secara sadar menghindari lingkungan yang buruk, maka selanjutnya adalah belajar untuk berpuasa dari keinginan berbicara buruk. Jalankan hari-hari anda dengan hanya berbicara menggunakan kata-kata dan kalimat serta tutur kata secara keseluruhan yang baik saja.

Tahan sekuatnya keinginan untuk mengumpat, mengeluarkan kata-kata makian, kata-kata kasar, dan lain sebagainya. Cobalah untuk melakukan selama 3 bulan penuh. Setelah 3 bulan, biasanya keinginan untuk berbicara buruk akan hilang dengan sendirinya, karena secara otomatis tidak ada lagi dorongan untuk melakukannya setelah selama 3 bulan penuh anda kendalikan.
'-----------------------------

Demikian tips singkat untuk hari ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian, selamat beraktivitas ... have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “3 Langkah Untuk Memperbaiki Kualitas Bicara”

new balance

burberry outlet

louboutin outlet

tory burch

abercrombie

abercrombie fitch

abercrombie

abercrombie and fitch

abercrombie kids

adidas

nike huarache

air jordans

air jordan retro

air max 2015

air max 90

babyliss

barbour outlet

barbour outlet online

basketball shoes

bcbg dresses

bcbg max azria

beats by dr dre

beats by dre

beats by dre

beats headphones

bebe outlet

bottega

burberry outlet

burberry handbags

burberry outlet

burberry outlet

burberry outlet online

burberry outlet

burberry outlet online

calvin klein

Unknown said...
on 

polo ralph lauren, http://www.poloralphlauren.us.org/
oakley outlet, http://www.oakleyoutlet.in.net/
louis vuitton outlet, http://www.louisvuittonus.us.com/
ugg boots, http://www.uggbootsclearance.in.net/
snapback hats, http://www.cheapsnapbacks.us.com/
links of london jewellery, http://www.linksoflondons.co.uk/
mizuno running, http://www.mizunorunningshoes.us/
michael kors factory outlet, http://www.michaelkorsfactoryoutlet.us.org/
nike roshe,nike roshe run uk,nike roshe uk,roshe run,nike roshe run,roshe run women,rushe run men
nhl jerseys wholesale, http://www.nhljerseys.us.com/
coach outlet store online,coach outlet store,coach outlet
mulberry outlet, http://www.mulberryoutlet.com.co/
michael kors outlet,michael kors outlet online,michael kors,kors outlet,michael kors handbags,michael kors outlet online sale,michael kors handbags clearance,michael kors purses,michaelkors.com,michael kors bags,michael kors shoes,michaelkors,cheap michael kors
canada goose outlet, http://www.canadagoose.us.org/
michael kors outlet online,michael kors,kors outlet,michael kors outlet,michael kors handbags,michael kors outlet online sale,michael kors handbags clearance,michael kors purses,michaelkors.com,michael kors bags,michael kors shoes,michaelkors,cheap michael kors

mmjiaxin said...
on 

Post a Comment