Sunday, August 10, 2014

Memilih (Selecting) Text Dengan AI Keyboard

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 10 Ags 2014 | Seringkali dalam pekerjaan, saya perlu melakukan pemilihan (selecting) pada barisan tulisan (text) ataupun gambar. Hal semacam ini sangat mudah bila saya lakukan pada PC, tapi pada smartphone Android saya?

Ya . . Mungkin anda mengalaminya juga, pemilihan text pada Android memang menjadi sulit karena untuk memilih text, saya harus meletakkan jari (berukuran besar) saya diatas layar sentuh untuk memilih text. Dan seringkali tidak terpilih posisi kursor yang tepat dan saat saya harus menggeser panah pembatas selecting seringkali terbawa melebar.

Kini masalah itu tidak saya alami lagi. Bagaimana caranya? Anda masih ingat dengan artikel tentang aplikasi AI Keyboard? Ya . . dengan bantuan aplikasi AI Keyboard inilah saya bisa melakukan selecting dengan mudah.

Caranya:
1. Instal aplikasi AI Keyboard dan aktifkan
2. Pada baris paling bawah keyboard terdapat tombol pilihan untuk masuk ke pilihan keyboard dengan berbagai fungsi kontrol seperti: select all, select, copy, paste, dll.
3. letakkan cursor pada bagian awal text yang akan dipilih, bisa dibantu dengan panah pada keyboard
4. klik select
5. geser panah sampai ke bagian akhir text yang akan dipilih.

Tadaaaaa . . . text sudah terpilih. Memudahkan saya untuk melakukan proses copy paste (copas), edit, delete, dll.
Cara yang sama juga saya gunakan untuk memilih gambar
Khusus untuk pekerjaan copy paste, saya juga menggunakan fasilitas copy paste yang tersedia pada tombol kontrol pada AI Keyboard, lebih mudah dan nyaman.

Akhir kata semoga artikel ini berguna, selamat mencoba . . have a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)