Tuesday, October 22, 2013

Awas Charger Murahan Bisa Merusak HP Anda!

www.AstroDigi.comAstroDigi.com | Selasa, 22 Okt 2013 | Dengan disepakatinya konektor mikro USB sebagai soket standar untuk charger dan data konektor, maka user menjadi semakin mudah dalam mendapatkan charger.

Sekarang, asal lowbatt anda bisa tinggal pinjam charger teman atau saudara, beres sudah masalah. Karena steker USB rata-rata HP sudah menggunakan standar yang sama, yaitu mikro USB.

Bila anda memakai charger default atau charger bawaan dari HP, maka biasanya standar kualitasnya bisa diandalkan, karena secara logika sudah pasti produsen HP tidak ingin produknya gagal dipasaran karena charger tidak bermutu.



Namun, apabila situasi membuat anda harus membeli charger yang bukan default (beda brand, beda kualitas, dll.), maka hendaknya anda memastikan bahwa kualitas charger yang anda beli bagus dan mampu bekerja baik untuk mengisi batere dengan kapasitas batere HP anda.

Seperti anda ketahui kapasitas batere HP tidak selalu sama pada setiap HP. Batere dengan kapasitas besar butuh charger dengan kualitas yang lebih baik dibanding charger untuk mengisi batere kapasitas kecil.

Bagaimana cara yang mudah untuk mengetahui apakah charger yang kita gunakan sudah sesuai dan bekerja dengan baik?
Cara termudah untuk mengujinya adalah dengan mencoba mengetik pada saat charger terpasang.

Charger jelek akan membuat pengetikan menjadi sulit, huruf yang tampil bisa berbeda dengan yang kita klik, atau sekali klik bisa memunculkan beberapa karakter sekaligus.

Hal tersebut diatas terjadi karena:
1. Output tegangan charger terlalu rendah/tinggi
2. Terdapat ripple/riak/gelombang pada output tegangan charger.

Dari AC 220V Hingga DC 5V
Fungsi dari charger sebenarnya adalah untuk mengubah tegangan 220VAC dari jaringan PLN menjadi tegangan 5VDC.
Mula-mula tegangan AC masuk ke blok penyearah, hasilnya tegangan 220VAC diubah menjadi tegangan 308VDC, proses penyearahan membuat tegangan mencapai Vmax (=1,414 x 220V).

Kemudian tegangan 308VDC tersebut diberikan ke blok switching, hasilnya adalah tegangan 154VAC dengan frekuensi sekitar 1KHz-5Khz.
Tegangan ini diberikan ke trafo, trafo akan menurunkan dan mengisolasi tegangan 154VAC tadi menjadi tegangan 6VAC -9VAC.

Tegangan ini kemudian masuk ke rangkaian penyearah setengah gelombang (half wave rectifier), hasilnya adalah tegangan 7VDC-10VDC.
Tegangan ini kemudian diberikan ke blok voltage stabilzer/regulator untuk distabilkan menjadi tegangan 5VDC yang baik dan rata.

Bahaya Charger Jelek
Sebaiknya anda tahu, charger yang jelek bisa memperpendek usia batere, bahkan bisa merusak regulator HP.
Regulator adalah satu blok dalam sistem elektronik HP anda yang berfungsi menstabilkan tegangan.

Bagaimana bila regulator rusak? HP akan berfungsi tidak optimal atau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali.
Tegangan bisa menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi.
                                                              
Tegangan yang terlalu tinggi akan membuat HP cepat panas dan memperpendek usia HP. Tegangan yang terlalu rendah akan membuat HP tidak berfungsi normal, dan dalam kasus ini umumnya HP menjadi lebih lambat.

Jadi bila HP anda menjadi lebih lambat secara signifikan, bisa jadi rangkaian  regulator/batere rusak.
Jadi belilah charger HP yang berkualitas, untuk menghindari kejadian yang merugikan anda.
 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Awas Charger Murahan Bisa Merusak HP Anda!”


Post a Comment