Wednesday, July 17, 2013

11 Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Android

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Selasa, 16 Jul 2013 | Para pengguna smartphone berbasis OS Android pasti secara umum sering merasakan bahwa kinerja HP-nya semakin lama menjadi semakin melambat. Hal ini terutama dirasakan oleh pengguna HP Android pada yang masih kategori low-end, yang kualitas system hardware pas-pasan.

Meskipun semua komponen hardware punya peran dalam menentukan kecepatan kerja, namun ada dua komponen inti yang paling menentukan kecepatan kerja HP, yaitu: Prosesor dan RAM (catatan: untuk mengetahui fungsi RAM, bisa dibaca pada artikel: http://www.astrodigi.com/2013/07/memahami-3-jenis-memori-pada-smartphone.html

Prosesor merupakan otak dari keseluruhan sistem. Makin cepat dia bekerja maka seluruh proses akan bekerja makin cepat juga. Kecepatan kerja prosesor biasanya dinyatakan dalam satuan Ghz (=giga hertz = satuan dalam satuan yang nilainya setara dengan 1 juta langkah kerja per detik).

RAM sebagai pengangkut data dari prosesor ke ke ROM menentukan kapasitas pengambilan dan penyimpanan data. Makin besar kapasitas pengambilan datanya, maka makin cepat selesai proses pengangkutan datanya, yang berarti akan makin cepat pula proses kerja secara keseluruhan sistem.

Process dan Services

Aplikasi yang diolah oleh prosesor dapat diolah menjadi dua jenis yaitu aplikasi yang hanya perlu diolah saat pengguna menjalankan aplikasi, atau aplikasi yang tetap diolah meskipun pengguna sedang tidak membuka/menjalankan aplikasi tersebut.

Contohnya aplikasi Y!mail (untuk membuka email Yahoo) misalnya, aplikasi ini akan tetap berjalan dan diolah oleh prosesor meski pengguna sedang tidak menjalankan aplikasi Y!mail, sehingga apabila ada email yang masuk ke account email yahoo, aplikasi akan langsung dapat meresponnya dengan menampilkan notifikasi (pemberitahuan) kepada pengguna.

Aplikasi Winamp (untuk memutar musik) misalnya, hanya akan diolah apabila pengguna sedang menjalankan aplikasi ini saja.
Pekerjaan pengolahan file disebut sebagai “process” sedangkan pekerjaan menjalankan pengolahan terus menerus, meskipun aplikasi sedang tidak ditampilkan disebut sebagai “services”

Nah setelah mengetahui cara kerja prosesor dan RAM, ikuti langkah-langkah berikut untuk mempercepat kinerja smartphone anda secara “natural” (tanpa proses rooting, hacking, dan overclocking).
Sebenarnya tips berikut ini juga dapat digunakan untuk smartphone berbasis OS  selain Android juga, karena pada dasarnya pola kerja sistemnya juga sama.

1. Mengurangi Services

“Services” mengurangi kapaasitas pada RAM, sehingga apabila applikasi dengan fasilitas services terlalu banyak berada di RAM maka kinerja sistem akan melambat.
Mengurangi services adalah dengan mengurangi aplikasi yang membutuhkan services.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang butuh services, pengguna dapat meng-klik Menu>Manage Apps>pilih tab Running. Disitu akan tampil semua aplikasi yang membutuhkan services (misal: Y!mail, WhatsApp, Yahoo Messenger, Google Maps, Google Services, LINE, Kakao Talk, Viber, dll.)

Setelah anda mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang membutuhkan services, maka yang harus anda lakukan adalah mengurangi aplikasi yang masuk kategori tersebut. Lakukan “uninstal” aplikasi yang tidak benar-benar anda perlukan.

Misalnya saja untuk text chat, mungkin sebenarnya anda tidak perlu meng-instal 7 aplikasi chat sekaligus, misal: Yahoo Messenger, Gtalk, Kakao, Viber, LINE, WhatsApp, Tango.
Pilih saja aplikasi yang anda perlukan dan buang selebihnya dari sistem anda.

2. Jangan Menjalankan Beberapa Aplikasi Secara Bersamaan.

Menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan akan membuat prosesor menjadi sedemikian sibuk, dan membuat kapasitas RAM habis terpakai. Maka hasilnya keseluruhan sistem akan melambat.

Jadi jalankan aplikasi satu persatu saja, tutup aplikasi sebelumnya sebelum anda membuka aplikasi baru lagi.

3. Pindahkan Aplikasi Yang Butuh Services ke Internal ROM

Memindahkan aplikasi yang butuh service ke internal ROM juga merupakan sebuah langkah sederhana untuk mempercepat kinerja sistem. Internal ROM terhubung dengan lebih sedikit interface (antar muka) dengan prosesor, ini membuatnya mampu mengirim/menerima data lebih cepat dibandingkan dengan external ROM (SDCard Memory)

Maka jangan heran banyak HP kelas medium-end dan kelas low-end yang secara “default” aplikasinya sengaja diatur oleh pabrik agar hanya bisa tersimpan di internal ROM, tentu tujuannya adalah agar HP tersebut bekerja lebih cepat. Untuk melihat aplikasi yang butuh services anda cukup membuka  Menu>Manage Apps>Running, maka semua aplikasi yang butuh services akan ditampilkan. Untuk memindahkan data dari SDCard ke Internat ROM anda cukup membuka Menu>Manage Apps>On SDCard, pilih aplikasi dan klik, setelah halaman setting terbuka klik tombol "Move to Phone" . . . Done!

4. Pasang Statik Wallpaper

Kalau anda memang pengguna yang sangat menyukai kecepatan kerja maka sebaiknya anda hindari pemasangan Live Wallpaper. Jelas live wallpaper ini adalah juga aplikasi yang membutuhkan services. Pasang saja Static Wallpaper (gambar diam, sebagai wallpaper).

5. Hapus Backup Conversation

Setiap aplikasi untuk chat selalu mempunyai fasilitas untuk melakukan backup dari percakapan yang sudah kita lakukan fasilitas ini disebut backup conversation atau kadang disebut juga archive conversation.

Apabila sudah tidak diperlukan akan lebih baik anda hapus backup conversation ini, proses ini bisa disebut clear conversation atau clear archives. Aplikasi chat akan berjalan dengan lebih enteng dengan tidak menenteng banyak data berupa simpanan percakapan anda.

6. Pindahkan Data Dari Inbox

Aplikasi penerima/pengirim email biasanya menampilkan isi dari folder inbox setiap kali anda membukanya. Dengan memindahkan email lama anda ke folder lain akan membuat inbox tampil lebih cepat dan secara keseluruhan kecepatan kerja aplikasi email juga akan menjadi lebih cepat juga,

7. Matikan “Data Connection” Bila Signal Jelek Atau Bila Tidak Diperlukan!

Prosesor dikondisikan untuk senantiasa mensupport pencarian signal terbaik, agar kelancaran komunikasi data berjalan lancar. Akibatnya pada lokasi dimana signal lemah, maka prosesor akan menjadi lebih sibuk, tentunya hal ini kan memperlambat kinerja sistem.

8. Matikan Sync

Matikan fasilitas auto sync (synchronization), lakukan saja sinkronisasi secara manual saat diperlukan. Sync adalah fasilitas yang butuh kinerja services, jadi jelas mempunyai andil dalam memperlambat sistem.

9. “Charge” Batere Saat Isinya Dibawah 15%

Saat isi batere mulai berkurang, biasanya tegangan batere juga sedikit menurun. Penurunan tegangan batere saat isi batere sudah dibawah 15% biasanya cukup besar, turunnya tegangan ini akan membuat semua komponen yang didayainya menjadi dibawah kemampuan optimalnya, sehingga seluruh sistem melambat.
Charge (isi ulang) batere HP anda saat isinya sudah dibawah 15%

10. Tetap Sign Out Dari Aplikasi Yang Tidak Anda Gunakan

Biasanya setiap vendor selalu menyertakan aplikasi bawaan yang akan terinstal bersama dengan OS Android. Kadangkala beberapa aplikasi bawaan tersebut adalah aplikasi yang butuh services, yang sebenarnya ingin anda uninstal tapi tidak bisa.

Cara termudah untuk mengurangi beban services adalah dengan tetap sign out dari aplikasi tersebut. Misalnya terdapat aplikasi bawaan Yahoo Messenger yang tidak anda gunakan, maka jangan melakukan log-in/sign-in, biarkan saja anda tidak masuk kedalam aplikasi.

11. Jangan Buat Smartphone Anda Panas

Komponen akan bekerja lebih lambat dalam keadaan panas, maka senantiasa jagalah agar HP anda tetap dalam keadaan dingin. Anda bisa membaca artikel mengenai cara menghindari HP anda agar tidak menjadi panas di: http://www.astrodigi.com/2013/07/kok-hp-android-saya-sering-mendadak.html

Demikian tips untuk hari ini semoga bermanfaat . . . have a nice day :)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “11 Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Android ”

Assalamualaikum.. makasih ya infonya

Rivando said...
on 

soccer jerseys,soccer jerseys wholesale,soccer jerseys cheap,soccer jerseys for sale,cheap soccer jersey,usa soccer jersey,football jerseys
los angeles lakers jerseys, http://www.lakersjerseys.us/
fitflop, http://www.fitflop.in.net/
michael kors outlet, http://michaelkors.outletonlinestores.us.com/
mcm outlet, http://www.mcm.in.net/
longchamp outlet, http://www.longchampoutlet.name/
chicago bulls jersey, http://www.chicagobullsjerseys.net/
nike air max shoes, http://www.nikeairmaxshoess.co.uk/
swarovski outlet, http://www.swarovski.in.net/
calvin klein,calvin klein outlet online,calvin klein wholesale,calvin klein shoes,calvin klein underwear,calvin klein coats,calvin klein handbags
nike soccer cleats, http://www.nikemercurial.org/
cheap oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesoutlets.us.com/
ferragamo outlet,ferragamo shoes,ferragamo,salvatore ferragamo,ferragamo belts,ferragamo belt
michael kors,michael kors canada,michael kors handbags,michael kors outlet,michael kors outlet canada
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescheap.us.com/
manchester united jersey, http://www.manchesterunitedonline.com/
new orleans saints jerseys, http://www.neworleanssaintsjerseys.us/
iphone cases, http://www.iphonecase.name/
snapback hats, http://www.cheapsnapbacks.us.com/
celine outlet, http://www.celineoutletus.com/
oakley sunglasses, http://www.oakleysunglasseswholesale.in.net/
kk0915

Unknown said...
on 

Post a Comment