Saturday, December 8, 2012

Sapusapu, Ikan Perkasa Dengan Dua Alat Pernafasan

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Rabu, 5 Des 2012 | Bagi para penggemar ikan, khususnya ikan air tawar, Sapusapu bukanlah ikan yang asing bagi mereka, meskipun bukan ikan hias, namun biasanya Sapusapu tetep dipilih sebagai “teman” bagi ikan hias yang mereka pelihara, entah itu dia akuarium ataupun di kolam.

Ikan ini termasuk ikan biasanya dipilih karena rajin melakukan fungsinya sebagai “cleaning service” di lingkungan dimana ia tinggal.
Ikan dengan nama latin “Hypostomus Plecostomus” ini memang doyan memakan sisa-sisa tumbuhan yang biasanya menjadi sampah di akuarium atau kolam, dan juga memakan lumut yang biasanya mengotori kaca akuarium, serta juga memakan lendir dari ikan-ikan lain.
www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com www.AstroDigi.com
Dua alat pernafasan

Sapu-sapu termasuk dalam keluarga Loricariidae, yaitu satu keluarga yang sama dengan ikan lele. Jarang yang tahu bahwa ikan ini punya alat pernafasan yang unik, tidak seperti ikan lain pada umumnya, sapusapu memiliki 2 alat pernafasan sekaligus. Yaitu insang dan labirin.

Sapusapu bernafas dengan insang pada lingkungan berair jernih, sedangkan pada lingkungan berair keruh atau bahkan berlumpur, sapusapu akan bernafas dengan menggunakan labirin.
Dengan keunggulan inilah sapusapu mampu bertahan hidup dilingkungan yang biasanya ekstrim untuk jenis ikan air tawar biasa. Ditambah lagi sapusapu ini tidak terlalu pilih-pilih makanan (omnivora), lengkaplah sudah bekal mereka untuk bertahan hidup diberbagai lingkungan.

Meskipun pada umumnya orang melihat ikan sapusapu berukuran kurang lebih hanya satu jengkal, namun perlu anda ketahui ikan ini bisa tumbuh besar hingga mencapai panjang total 60cm. Bahkan dalam perbincangan di Yahoo Answers (cek di: http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20081128214838AAWh8Vi) disebutkan bahwa sapusapu dapat tumbuh hingga 1 meter. Luarbiasa . . . :)

Bagaimana pembaca yang punya akuarium? Sudah punya ikan sapusapu? :)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “Sapusapu, Ikan Perkasa Dengan Dua Alat Pernafasan”

lebih tahan hidup di lingkungan mana pun dibandingkan dengan algae eater.

Abah said...
on 

ikan gampang dicari dan disalah gunakan sebagai daging somai padahal kan kotor penuh racun

anak medan said...
on 

Post a Comment