Saturday, December 22, 2012

Bagaimana Facebook Memanfaatkan Data Penggunanya?

www.AstroDigi.com AstroDigi.com | Minggu, 16 Des 2012 | Bila anda adalah pengguna Facebook, anda tentu akrab dengan iklan Facebook. Anda dapat menggunakannya untuk memasarkan produk anda. Nah . . bagaimana cara kerja Facebook menggunakan data yang mereka miliki untuk mengoptimalkan iklan?

Berikut ini adalah penjelasan secara garis besar tentang bagaimana Facebook bekerja dengan jutaan data penggunanya.



Mendaftarkan Diri Di Facebook

Ada beberapa data yang diminta untuk membuat sebuah akun Facebook, misalnya, jenis kelamin, nama dan jaringan yang anda miliki (misalnya sekolah atau perusahaan).
Facebook secara pribadi menyimpan semua aktivitas Anda dalam platform mereka. Facebook juga mencatat keterlibatan anda dengan pengguna lain, seperti komentar atau mengirim pesan, check-in, like (tombol like/suka untuk suatu posting), dan aktivitas lainnya dicatat dan disimpan secara pribadi.

Mesin Facebook akan menggunakan catatan atas aktivitas anda dan menyusun garis besar pengalaman anda di situs. Misalnya, dengan siapa saja anda berinteraksi dan pada jenis komunitas apa anda memiliki ketertarikan.

Data Anda dan Iklan Facebook

Facebook memungkinkan pengiklan untuk menargetkan pesan mereka berdasarkan informasi yang tercatat pada demografi mereka, informasi jaringan, data lokasi dan rekaman aktivitas pada Facebook.

Berikut adalah contoh cara kerjanya: Pengiklan dapat menargetkan iklan mereka pada perempuan belum menikah yang berusia antara 18 dan 35 yang tinggal di Surabaya.
Dan seperti Facebook kemudian akan memberikan pengiklan perkiraan jumlah pengguna yang cocok dengan criteria. Mereka kemudian memberikan angka perkiraan misalnya saja 100.000 orang.

Namun meskipun Facebook memberikan angka perkiraan mereka, namun detail mengenai data perorangan tidak diberikan. Jadi pengiklan hanya tahu bahwa mereka mempuyai pasar di Facebook yang cocok sebanyak 100.000 pengguna, namun pengiklan tidak dapat mengetahui apakah Si-A, Si-B, atau Si-C berada didalam kelompok yang dimaksud.

Mesin Facebook juga mampu menciptakan segmen yang lebih luas dari pengguna yang berbagi minat. Segmen adalah kelompok-kelompok seperti "Fans Olahraga" , “Penggemar Buku”, “Pecinta Musik” atau "Penonton Film" yang semuanya disusun oleh Facebook berdasarkan perilaku atau informasi profil.

Misalnya saja pengguna yang menyukai “Real Madrid”, maka Facebook akan otomatis menggolongkannya kedalam segmen "Fans Olahraga". Demikian juga pengguna mencatatkan “Badminton” sebagai hobby mereka, akan masuk segmen tersebut.

Contoh lain misalnya pengguna yang sering melakukan update status tentang lagu-lagu baru, mesin Facebook akan mendeteksi aktifitas tersebut dan meletakkan pengguna pada segmen "Pecinta Musik". Segmentasi ini sangat berharga bagi pengiklan, karena mereka dapat memfokuskan target mereka pada segmen yang tepat, dan iklan mereka tidak muncul di halaman pengguna yang keliru.

Seluruh proses segmentasi pengguna ini dilakukan oleh mesin Facebook yang hebat dan akurat, yang melakukan segmentasi berdasarkan adanya kata kunci tertentu pada posting pengguna. Tidak ada karyawan Facebook yang perlu bersusah payah membaca melalui profil individu untuk menetapkan segmen pengguna.

Website Anda dan Facebook Exchange

Baru-baru ini, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan platform “real-time” penawaran yang disebut “Facebook Exchange”. Fasilitas ini memungkinkan pengiklan menargetkan iklan berdasarkan kunjungan pengguna (misalnya apakah pengguna sebelumnya telah mengunjungi situs web pengiklan.) Teknologi ini akan memungkinkan pengiklan mendapatkan target yang lebih spesifik (melayani iklan kepada pengguna yang telah mengunjungi situs web Anda).

Demikian artikel singkat mengenai Facebook ini, semoga dapat memperkaya wawasan para pembaca . . have a nice day :)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

2 comments to “Bagaimana Facebook Memanfaatkan Data Penggunanya?”

Info yang sangat menarik :)

Fortuner SUV Terbaik said...
on 

Thanks ya :)

NINO said...
on 

Post a Comment