Friday, October 7, 2011

Postur Tubuh Keliru Saat Bekerja Akan Picu Penuaan Dini


www.AstroDigi.com

Tribunnews.com | Rabu, 5 Okt 2011 | Pernah memperhatikan bagaimana posisi duduk Anda saat bekerja di kantor? Hati-hati bila Anda memiliki kebiasaan duduk atau berdiri yang kurang baik karena hal ini dapat memicu penuaan dini. Postur tubuh yang kurang baik tersebut akan menyebabkan nyeri di bagian leher dan pundak, sakit di punggung bawah, dan sakit kepala.

Menurut penelitian, sejak usia 25 tahun, kita sudah mengidap sarcopenia atau kehancuran massa otot. Secara rata-rata, kita kehilangan seperlima dari setiap 450 gram otot setiap tahun. Masalah utamanya adalah melemahnya otot-otot perut yang disebabkan oleh kondisi duduk membungkuk selama bertahun-tahun, yang menyebabkan tekanan yang tidak seimbang pada tulang belakang bagian bawah. Demikian menurut Carolyn Hewison, manajer fisioterapi untuk rumah sakit dari grup Nuffield.

Untuk menghindari postur tubuh yang buruk, cobalah untuk berdiri tegak beberapa kali dalam sehari. Caranya dengan berdiri menempel di dinding, termasuk pundak, pinggang, dan kepala, untuk mendorong postur yang lebih baik. "Cobalah menjaga posisi tersebut saat Anda berjalan. Semakin sering Anda melakukannya, semakin terbiasa otot-otot perut dan punggung Anda dalam memberikan dukungan yang diperlukan (untuk menyangga tubuh)," tuturnya.

Memang tidak ada cara untuk mencegah sarcopenia ini sepenuhnya. Namun, Anda bisa mencoba mencegah kondisi tersebut dengan melakukan latihan beban secara teratur untuk mendapatkan kekuatan otot.

"Fungsi otot bisa meningkat dengan latihan daya tahan, bahkan setelah awal serangan sarcopenia," ujar Robert Wolfe, profesor bidang geriatrik (ilmu tentang orangtua) di University of Arkansas.

Menurut dia, jauh lebih efektif untuk memulainya sebelum proses penuaan tersebut dimulai pada usia 40 tahun. Dengan kata lain, bila ingin awet muda, biasakan menjaga postur tubuh yang baik dengan berdiri tegak.

Agar Sempurna Lakukan Latihan Ini:

* Saat berdiri, telinga, pundak, dan pinggul harus dalam garis lurus.
* Dagu dan kepala tidak condong ke depan.
* Perut harus dikempeskan dan tegak, pusar diarahkan ke tulang belakang.
* Pundak rileks, mengarah ke bawah dengan posisi terbuka (tidak melengkung ke depan).
* Ketika berdiri, berat badan harus disangga sama rata oleh kedua kaki.
* Ketika duduk, telapak kaki harus rata di lantai, dan tulang belakang beristirahat di sandaran kursi.
* Saat bekerja, jangan mencondongkan leher untuk melihat layar komputer. Jaga agar punggung dan leher tetap lurus

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Postur Tubuh Keliru Saat Bekerja Akan Picu Penuaan Dini”


Post a Comment