Friday, October 28, 2011

16 Penggalan Kepala Manusia Dikembalikan Ke Selandia Baru


www.AstroDigi.com

Inilah.com
| Rabu, 5 Mei 2010 | Perancis memutuskan untuk mengembalikan 16 kepala mumi bertato dan mengakhiri perdebatan. Keputusan ini diambil setelah seorang pria Maori terancam dipenggal karena memperdagangkan pada kolektor yang menginginkan mumi kepala ini.

Selama bertahun-tahun Selandia Baru telah memohon pengembalian kepala Maori yang disimpan di luar negeri, di mana banyak dari kepala tersebut diperoleh dari masyarakat barat dengan bertukar senjata maupun benda lainnya.

www.AstroDigi.com


Lusinan museum di seluruh dunia telah setuju untuk mengembalikan mereka. Maori, penduduk asli Selandia Baru percaya bahwa nenek moyang mereka harus dihormati di area rumah mereka sendiri tanpa perlu diganggu.

www.AstroDigi.com


France National Assembly meminta pesawat 437-8 pada Selasa (4/5) untuk pengembalian 16 kepala yang ada di Prancis, termasuk tujuh buah yang disimpan di museum Quai Branly Paris khusus di konter seni primitif. Senat Perancis telah menyetujui pemindahan tersebut.

www.AstroDigi.com


Masih belum terdapat kejelasan kapan kepala-kepala tersebut akan dikembalikan ke rumahnya, tetapi otoritas setempat terus bernegosiasi untuk rencana tersebut.

Pemulangan kepala ke tanah airnya menjadi persoalan signifikan bagi masyarakat Maori, ujar Menteri Urusan Maori dan Kebudayaan Selandia Baru Pita Sharples.

Penduduk Maori mempercayai jika kepala nenek moyang mereka dikembalikan ke tanah airnya, takdir mereka akan dikembalikan dan mereka bisa beristirahat dengan tenang di sekeliling keluarga mereka, imbuh Pita.

Beberapa orang di Perancis khawatir dengan kasus tersebut akan menimbulkan preseden aksi berikutnya bagi museum. Kekhawatiran besar dialami museum Louvre menyangkut mumi Mesir dan para pembuat keputusan telah lama memperdebatkan permintaan Selandia Baru sejak 2007 ketika kota Rouen Normandia menawarkan pengembalian kepala bangsa Maori.

Pejabat Perancis Catherine Morin-Desaily yang menulis permintaan pengembalian kepala tersebut menurunkan kekhawatiran tersebut dengan mengatakan bahwa kasus Selandia Baru merupakan kasus spesial karena orang Maori dibunuh untuk memuaskan pemintaan kolektor.

Beberapa kepala Maori yang memiliki tato intrik dan unik, secara tradisional dibuat sebagai bentuk penghargaan terhadap perang suku. Tetapi masyarakat barat mulai menawarkan harga tinggi untuk pertukaran dengan kepala unik tersebut, di mana para pria Maori berada dalam ancaman pembunuhan karena tato yang sebenarnya sifatanya sederhana itu.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “16 Penggalan Kepala Manusia Dikembalikan Ke Selandia Baru”


Post a Comment