Thursday, March 17, 2011

Jangan Buang PC Tua Anda!


www.AstroDigi.com

AstroDigi.com | Kamis, 17 Mar 2011 | Anda punya PC generasi tua? Pentium 1/Pentium 2 ? Jangan buang PC tua anda! Meskipun sudah ketinggalan jaman bukan berarti tidak bisa diberdayakan lagi. PC tua masih dapat dipergunakan untuk keperluan kantor, sekolah, ataupun rumahan, sayang bila harus dipensiunkan begitu saja, berikut tips untuk memberdayakannya.

Sebenarnya untuk sekedar mengerjalan tugas-tugas administrasi harian, tidaklah diperlukan sebuah komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Kebanyakan client dari penulis biasanya komputer hanya diperlukan untuk membuat surat menyurat, mengetik, membuat tabel dan pembukuan sederhana dengan menggunakan spreadsheet, berinternet, berkirim email dan mengerjalan pekerjaan grafis ringan.

Pekerjaan ringan semacam ini sebenarnya cukup untuk dikerjakan dengan PC berspefikasi rendah seperti Pentium 1 saja misalnya. Tapi karena mengikuti trend, biasanya kantor membeli komputer dengan spesifikasi tinggi meskipun hanya untuk mengerjakan tugas-tugas ringan sehari-hari. Coba anda upgrade sedikit saja agar PC tua bisa kembali diberdayakan, berikut dua hal yang dapat anda lakukan:

Pertama:
Display . . bila ada sedikit budget, sebaiknya anda ganti monitor CRT anda dengan monitor LCD, selain lebih sehat karena tidak menimbulkan radiasi, monitor LCD juga membutuhkan listrik yang jauh lebih hemat dibandingkan dengan monitor CRT. Monitor LCD juga jarang bermasalah dan lebih awet. Saat ini harga monitor LCD sudah cukup rasional, monitor LCD mulai dari $80 sudah ada dipasaran.

Karena biasanya yang tampak diatas meja kerja hanya monitor maka dengan mengganti monitor dengan LCD maka perangkat kantor anda tidak kelihatan ketinggalan jaman :).

Kedua:
Software . . instal software yang sesuai dengan spesifikasi PC-nya berikut daftar software yang bisa anda instalasi ke PC lama anda, dengan daftar yang "Windows based":

Untuk PC Pentium 1 <133Mhz, RAM 32MB
1. Windows 98/Windows NT
2. Microsoft Office 2000
3. Antivirus, PC Cillin 2000
4. Adobe Acrobat Reader 4
5. Adobe Photoshop 4

Untuk Pentium 1 >133Mhz/Pentium 2, RAM 32MB atau lebih
1. Windows 98/Windows NT/Windows ME
2. Microsoft Office 2002/MIcrosoft Office XP
3. Antivirus, PC Cillin 2000
4. Adobe Acrobat Reader 5
5. Adobe Photoshop 6
6. Adobe Image Styler

Keunggulan PC tua adalah pada biaya pemeliharaan yang lebih rendah, karena bekerja dengan kecepatan rendah maka PC generasi lama lebih kuat terhadap debu dan kotoran yang melekat pada komponen-komponen bagian dalamnya, sehingga bongkar pasang casing PC untuk membersihkan bisa lebih jarang dibanding PC generasi baru yang lebih rentan debu.

PC dengan program lama ini juga lebih tahan terhadap serangan virus generasi baru, yang biasanya banyak menyerang PC dengan OS Windows XP keatas dan menggunakan format hardisk NTFS. Jadi kesibukan kantor yang tidak perlu karena harus mengurusi virus, bisa berkurang.

Atau . . bila anda mempunyai budget yang pas-pasan untuk membeli beberapa unit PC untuk keperluan kantor anda bisa membeli PC generasi lama bekas pakai yang masih banyak dijual dipasaran dengan harga mulai dari 75 ribu rupiah per PC . . murah kaaan?

OK . . akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda . . have a nice day :)

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

6 comments to “Jangan Buang PC Tua Anda!”

At present, the most graduates repay their loans after 13 years for males and
17 for ladies payday loans uk you can try the major banks and building societies or there are plenty of other businesses available that supply competitive
rates.

Anonymous said...
on 

Enjoy time savings now once you select a temporary lender
online, as you also benefit from the privacy lsetablet device too as your smartphone wherever you're http://bbadcreditloans.co.uk/ most motor finance companies sell finance online also it could be quick and simple to have an estimate.
Also see my site - http://bbadcreditloans.co.uk/

Anonymous said...
on 

You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be really something which I think I would never understand.
It seems too complex and extremely broad for me. I am looking forward for your next post, I'll try to get the hang of it!


My weblog :: lasik surgeons michigan

Anonymous said...
on 

coach outlet
louis vuitton outlet stores
coach outlet online
nike air force 1
toms outlet
burberry outlet
louis vuitton online
longchamp handbag
kobe shoes
ralph lauren
chanyuan2017.02.20

Unknown said...
on 

20170320 junda
polo ralph lauren
christian louboutin outlet
ugg outlet
swarovski crystal
oakley sunglasses
louis vuitton outlet
coach outlet clearance
nike outlet
coach outlet online coach factory outlet
cheap ray ban sunglasses

Unknown said...
on 

see this here he said hop over to this website https://www.dolabuy.co my blog anchor

Anonymous said...
on 

Post a Comment