Sunday, February 27, 2011

Latihan Otak Agar Daya Ingat Dan Pikiran Tajam


www.AstroDigi.com

KapanLagi.com | Rabu, 20 Jan 2010 | Sama seperti tubuh, fungsi otak manusia akan makin menurun seiring bertambahnya usia. Jika kita mungkin selalu berusaha menjaga kebugaran dan bentuk tubuh, maka kita juga perlu untuk melakukan latihan otak agar tidak cepat tumpul.
Berikut kita akan mempelajari apa saja yang bisa dilakukan untuk mengasah otak agar tetap tajam.

Matematika

Mungkin saat sekolah dulu tak banyak dari kita yang menyukai mata pelajaran satu ini. Namun, menurut penelitian yang dilakukan Dr Ryuta Kawashima, pengarang buku TRAIN YOUR BRAIN MORE, seperti yang dikutip dari sheknows.com, aktivitas berhitung yang sederhana sekalipun bisa mengaktifkan fungsi otak lebih dari kegiatan lainnya.

Jadi, entah saat Anda sedang menghitung jumlah uang yang dikeluarkan untuk belanja atau sekedar membantu anak menyelesaikan pr matematikanya, maka saat itu sebenarnya Anda sedang melatih otak.[break]

Kegiatan kognitif

Kegiatan kognitif seperti bermain kartu, catur, TTS, brain games, permainan logika, memory game, atau game lain yang memerlukan konsentrasi tinggi juga mampu melatih otak agar tetap terasah. Selain itu, kegiatan menulis dan membaca dengan suara keras juga terbukti bisa meningkatkan fungsi otak. Ternyata tak ada ruginya jika selama ini Anda hobi membaca.

Latihan tangan

Otak juga bisa ditajamkan melalui latihan tangan. Jika selama ini Anda selalu menggunakan tangan kanan, maka sesekali Anda perlu mencoba beraktivitas dengan tangan kiri Anda, misalnya seperti menulis, mengangkat barang, menarik, mencabut, dan lain-lain. Dengan menggunakan tangan 'yang lain' berarti Anda sedang mengaktifkan bagian otak yang lain.

Belajar bahasa

Salah satu cara terakhir yang cukup menyenangkan adalah dengan belajar bahasa asing. Tak ada salahnya Anda memperkaya diri dengan belajar bahasa dari daerah atau negara lain. Selain menyenangkan, otak pun sehat.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Latihan Otak Agar Daya Ingat Dan Pikiran Tajam”


Post a Comment