Sunday, December 12, 2010

Minuman Bersoda Tidak Selalu Berakibat Buruk Bagi Kesehatan


www.AstroDigi.com

KapanLagi.com | Selasa, 18/05/2010 | Boston, Selama ini diketahui terlalu sering minum soda bisa berbahaya bagi kesehatan. Tapi minuman soda yang mengandung sitrat tinggi bisa mencegah jenis batu ginjal yang paling umum.

Dalam studi ini peneliti menemukan bahwa beberapa versi minuman soda diet rasa jeruk yang populer seperti 7Up, Sunkist dan Sprite mengandung jumlah sitrat relatif tinggi.

www.AstroDigi.com


Sitrat dapat menghambat pembentukan batu kalsium oksalat yang merupakan penyebab paling umum dari batu ginjal.

Temuan yang dilaporkan dalam Journal of Urology menunjukkan bahwa diet minuman soda dengan sitrat tinggi dapat digunakan bagi orang yang rentan terhadap penyakit batu ginjal.

www.AstroDigi.com


Batu ginjal terjadi ketika urine mengandung lebih banyak zat pembetuk kristal seperti kalsium, asam urat dan suatu zat yang disebut dengan oksalat dibandingkan kandungan lain yang dapat diencerkan. Kebanyakan batu ginjal disebabkan kalsium dan biasanya dalam bentuk kombinasi dengan oksalat.

"Salah satu penyebab orang terkena batu ginjal adalah kandungan sitrat yang relatif kecil di dalam urine-nya," ungkap Dr Brian H Eisner, seorang urolog dari Massachusetts General Hospital di Boston, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/5/2010).

Selama ini pengobatan yang umum untuk mencegah batu ginjal akibat kalsium oksalat atau jenis batu lain seperti batu asam urat adalah dengan mengonsumsi suplemen kalium sitrat.

Namun menurut Dr Eisner, bagaimana pastinya terapi ini bisa mencegah pembentukan batu ginjal masih belum jelas, tapi beberapa dokter ada yang sudah menganjurkan hal ini pada pasiennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada minuman komersial yang memiliki kandungan sitrat serupa dengan minuman limun buatan sendiri.

Secara keseluruhan penelitian ini menemukan minuman soda diet berbasis jeruk termasuk 7Up, Sunkist, Sprite, Fresca and Canada Dry ginger ale memiliki kadar sitrat yang lebih tinggi daripada minuman limun buatan sendiri. Sedangkan minuman soda lainnya tidak banyak mengandung sitrat.

Karena belum ada bukti pasti minuman sitrat tinggi membantu mencegah pembentukan batu ginjal, saat ini peneliti tidak menganjurkan seseorang melakukan diet soda rasa jeruk untuk mencegah pembentukan batu. Tapi disarankan pasien harus secara rutin mengonsumsi 2-3 liter air atau cairan lainnya setiap hari.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

Comments :

0 comments to “Minuman Bersoda Tidak Selalu Berakibat Buruk Bagi Kesehatan”


Post a Comment