Monday, November 8, 2010

Gustavo Sanchez, Walikota Yang Tewas Dirajam Mafia


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Selasa, 28 September 2010 | Seorang walikota di Meksiko dan seorang pejabatnya ditemukan tewas secara mengenaskan, Senin 27 September 2010. Menurut penyelidikan polisi, mereka dibunuh dengan lemparan batu secara bertubi-tubi.

Korban adalah walikota Tancitaro, Gustavo Sanchez, dan penasihat kota, Rafael Equiha. Belum ditemukan siapa pelaku pembunuhan, namun Tancitaro merupakan salah satu kota di Meksiko bagian barat yang bermasalah dengan peredaran narkotika.


www.AstroDigi.com

Jaksa Agung Jesus Montejano mengungkapkan mayat kedua korban ditemukan di dalam bak suatu truk yang ditinggalkan di pinggir jalan dekat kota Uruapan. Menurut penyelidikan awal, kedua korban tewas akibat tusukan badik. Namun Kejaksaan Agung kemudian mengungkapkan bahwa mereka tewas akibat lemparan batu secara bertubi-tubi.

Kepolisian setempat kini masih menyelidiki motif pembunuhan itu sekaligus memburu pelaku.

Berpenduduk 26.000 jiwa, Tancitaro terletak di suatu kawasan yang menjadi kancah peperangan antara aparat keamanan dengan sindikat narkoba. Tahun lalu, tentara menghancurkan 20 laboratorium meth dan sejumlah polisi tewas dibunuh para anggota sindikat.

Sanchez merupakan pejabat kelima dari kota Tancitaro yang menjadi korban pembunuhan. Tahun lalu, ketua dewan kota, Gonzalo Pas, diculik dan dibunuh. Pada Desember tahun lalu, walikota Tancitaro dan sejumlah pejabat mengundurkan diri karena telah diancam oleh sindikat narkoba dan polisi setempat tidak berdaya menghadapi mereka.

Itulah sebabnya, 60 polisi di Tancitaro dipecat secara massal karena gagal mengatasi sejumlah pembunuhan dan kejahatan lain sehingga keamanan di kota itu diambil alih oleh kepolisian negara bagian Michoacan. Pada Januari lalu, Sanchez terpilih menjadi walikota baru.

Sementara itu, pada Senin lalu, lima anggota sindikat dan seorang tentara marinir tewas akibat baku tembak di kota pesisi Coahuayana.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)