Tuesday, March 9, 2010

Waspadai 4 Zat Berbahaya dalam Pelembab Kulit


www.AstroDigi.com

VIVAnews.com | Senin, 8 Maret 2010 | Jangan sampai tubuh kita rusak hanya karena salah memilih kosmetika.
Berbagai produk pelembab kulit begitu mudah dijumpai di pasaran. Dari merek lokal hingga impor. Dari yang harganya murah hingga mahal. Hampir semua menjanjikan cantik dalam sekejap.

Dengan begitu banyak pilihan, kita seringkali terhasut oleh kepungan iklan yang merasuk ke alam bawah sadar. Kita terbuai janji-janji iklan, tanpa peduli kualitas bahan yang digunakan.

Padahal mencermati bahan dasar sebuah kosmetika itu sangat penting. Jangan sampai tubuh kita rusak hanya karena salah memilih kosmetika. Mulai kini, hindari penggunaan kosmetika yang mengandung empat zat berikut,

Parabens
Dalam 20 tahun terakhir, banyak produk kosmetika yang menggunakan zat kimia ini sebagai pengawet. Padahal, berdasar sejumlah studi yang dilakukan sejak 2004, bahan itu menjadi salah satu penyebab pertumbuhan sel kanker payudara. Journal of Applied Toxicology menyebut, 18-20 persen penderita kanker terkontaminasi zat tersebut.

Diethanolamine (DEA)
Dengan kemampuannya menghasilkan busa, bahan ini banyak terkandung dalam produk sabun mandi dan gel. Dalam konsentrasi tinggi, bahan ini sangat berbahaya karena dapat mematikan sel otak.

Fragrances
Bahan ini biasa dicampurkan pada produk krim dingin, cairan pembersih, dan pelembab. Dalam konsentrasi tinggi, bahan ini akan menyebar menjadi racun tubuh yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Phthalates
Banyak produk pelembab kulit yang mencampurkan bahan ini untuk memberi efek lembut. Padahal, pemakaian zat kimia ini juga memicu pertumbuhan kanker payudara.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)